Saturday, October 5, 2019

10 Mahasiswa Universitas Al-Azhar Asal Aceh Resmi Diwisuda

Foto Bersama para Wisudawan di dalam Auditorium ACC.(dok:kmamesir.org)


Kmamesir.org (5/10/19). Mahasiswa Universitas Al-Azhar Asal Aceh resmi diwisuda pada kamis di gedung auditorium Andalus, komplek Al-Azhar Conference Centre (ACC), Nasr City, Kairo (3/10). 

Pada tahun ini, mahasiswa asal Aceh yang diwisuda berjumlah 10 orang. Sementara secara keseluruhan, Sebanyak 319 wisudawan/i ikut serta dalam Wisuda PPMI kali ini. 205 diantaranya berasal dari Indonesia, sementara 114 lainnya berasal dari Malaysia, Singapura, Kamboja, Amerika, Pakistan, Filipina, dan Nigeria. 

Wisuda PPMI merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh PPMI, acara ini bertujuan untuk mengadakan seremonial wisuda bagi mahasiswa Al-Azhar yang berhasil menyelesaikan studinya baik mereka yang berasal dari Indonesia maupun negara-negara lainnya. 

Turut hadir pada wisuda kali ini, Syekh ‘Iyad Nadhir selaku perwakilan Grand Syekh Ahmad Thayyeb, Syekh Jamal Faruq Ad-Daqqaq yang merupakan dekan fakultas Dakwah Universitas Al-Azhar, Syekh Hisyam Kamil, dan para masyaikh lainnya. Acara ini juga dihadiri oleh bapak Helmi Fauzi selaku duta besar Republik Indonesia untuk Mesir, serta Dr. Usman Syihab Atase Pendidikan dan Kebudayaan (ATDIKBUD) dan jajaran KBRI lainnya. 

Dalam kata sambutannya, syekh ‘Iyadh Nadhir menekankan kepada seluruh wisudawan dan wisudawati bahwasanya di pundak mereka terdapat sebuah amanah besar Al-Azhar untuk menyampaikan nilai-nilai kemoderatan yang senantiasa diajarkan di Al-Azhar. Beliau juga menyampaikan bahwasanya setiap wisudawan dan wisudawati harus menjaga nilai-nilai Al-Azhar dalam diri mereka juga, serta berpegang pada pondasi yang Al-Azhar anut dan patri pada setiap anak didiknya, yaitu aqidah ahlussunnah wal jamaah dalam hal ini akidah Imam Asy’ari dan Maturidi, dalam fikih meyakini mazhab yang empat, serta mengikuti jalan-jalan tasawuf yang muktabar. Beliau juga menghimbau agar kita semua menjauhi paham-paham radikal. 


Kemudian, wisudawan dan wisudawati diberikan penghargaan dan apresiasi sesuai dengan predikat nilai yang diraih dalam program studinya, baik itu sarjana, pascasarjana, hingga doktoral. 

Selain itu, pertunjukan seni dan budaya juga ikut memeriahkan acara, salah satunya penampilan Rapai Geleng dari Sanggar Seni Aneuk Nanggroe KMA (Keluarga Mahasiswa Aceh). Rapai Geleng sendiri menjadi penampilan wajib setiap tahun pada acara wisuda PPMI, dan selalu menarik perhatian hadirin. 

Dalam acara ini, juga turut diadakan penghargaan PPMI Award. Program ini merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada berbagai elemen masisir atas pencapaiannya selama setahun. KMA kali ini memenangkan dua dari lima nominasi penghargaan kategori kekeluargaan terbaik yaitu dalam bidang Intelektual dan Ilmiah serta bidang Seni dan Budaya. 

KMA juga berhasil meraih beberapa nominasi Mahasiswa dan Masisir terbaik yaitu; Novian Nuzul Faza sebagai Mahasiswa Terbaik Tingkat 2 dan Muhammad Najid Akhtiar sebagai Masisir of The Year 2019.

Acara berlangsung meriah dan mendapat antusiasme serta animo besar masisir (Mahasiswa Indonesia di Mesir), khususnya mahasiswa Aceh sendiri. Terlihat dari ramainya suasana di dalam dan luar auditorium banyak sekali kerabat yang mengucapkan selamat, mengajak foto bersama, dan mendoakan yang terbaik bagi wisudawan/i. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama di luar auditorium bersama kerabat-kerabat KMA. 

Foto Bersama para Wisudawan di luar Auditorium ACC (dok:kmamesir.org)
Tgk. Oky Alexander, Lc salah satu wisudawan asal Aceh tahun ini, menyampaikan rasa syukur dan bangganya, serta ungkapan terima kasih kepada segenap warga KMA karena turut hadir dalam momen bahagia ini. 

“Rasa bangga, haru, dan sedih, semuanya bercampur aduk, alhamdulillah dengan adanya Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) di sini sudah saya anggap seperti keluarga sendiri, sehingga seluruh kerabat dan keluarga yang ada di kampung halaman semuanya terwakili. Harapannya kepada adik-adik semua ke depan harus tetap semangat, jadikan acara wisuda ini sebagai motivasi agar dapat menyelesaikan studinya dengan segera” 

Semoga wisuda PPMI yang diselenggrakan tiap tahun ini menjadi motivasi bagi mahasiswa yang belum menyelesaikan studinya seperti yang Tgk. Oky dan kita semua harapkan, dan bagi wisudawa, semoga ilmunya berkah dan mampu membawa nama Al-Azhar dengan baik serta selalu berpegang teguh pada manhaj yang Al-Azhar tanamkan selama ini. Tak lupa pula terima kasih kepada setiap pihak yang berperan dalam suksesnya acara ini, semoga mendapat balasan terbaik dari Allah SWT. 





Ali Akbar Al-Fata

No comments:

Item Reviewed: 10 Mahasiswa Universitas Al-Azhar Asal Aceh Resmi Diwisuda Rating: 5 Reviewed By: kmamesir