Hasil Sementara Pemilu Luar Negeri Mesir


Malam ini dijadwalkan penghitungan suara Pipres Mesir untuk luar negeri selesai. Penghitungan dilakukan sejak pukul 21.00 CLT 21/05/2012 di kantor pusat Panitia Penyelenggara Pemilu di Kairo. Sampai saat ini belum selesai. Media pun sejak jumat lalu mulai bermanuver. Terjadi simpang siur berita antar berbagai media siapa pemenang pilpres luar negeri. Hal ini dikecam oleh tokoh politik, karena ada indikasi untuk menggiring opini publik dalam pilpres di Mesir rabu besok dan kamis untuk memilih calon tertentu. Yang paling santer disebut media, hanya 5 Kandidat yang masuk nominasi persaingan.

1. Abdul Mun'im Abul Futuh (Nasionalis-Relegius)
2. Muhammad Mursi (IM-Islamis)
3. Amru Musa (Orla-Nasionalis)
4. Ahmad Syafiq (Orla)
5. Hamdin Shabahy (Nasionalis)

Kelima capres tersebut tergolong sudah berumur, kecuali Shabahy (58 tahun), lainnya sudah berumur 60 tahun lebih. Amru musa tercatat sebagai yang tertua (76 tahun). Beberapa calon muda tampaknya akan gugur, Mahmud Hisam (48 tahun) dan Khalid Ali (40 tahun) bahkan tak memperoleh suara di beberapa TPS luar negeri. Dari 13 calon, hanya lima nama tadi yang memperoleh suara signifikan.

Tokoh IM (Mursi) yang memakai Ipad dan iphone memperoleh gugatan karena melanggar masa tenang. Tapi IM membantah dan mengatakan kalau itu adalah upaya pencemaran nama baik kandidat mereka. Saya sendiri melihat beberapa kelompok masyarakat yang membawa spanduk Mursi dan melakukan orasi ringan dalam masa tenang ini. Akan tetapi tidak jelas apakah itu representatif IM atau bukan. Ketua MPR (Al Kattatany) sendiri di akun FB terang terangan mendukung Mursi. Hal yang kemudian diguat oleh anggotanya 'Isham Sulthan.

Apapun, hasil pemilihan luar negeri hanya sekitar 74305 suara dari berbagai negara. Hasil pilpres akan ditentukan dalam pemilihan dalam negeri Mesir. Kita tunggu kabar menarik lain Tinggal menunggu hari.

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top