HAFLAH KHATAM AL-QURAN


kmamesir.org - Jumat (29/11), MAQURAA (Majelis Quran Abu Amru Abbas Akkad) mengadakan haflah khatam Al-Quran setelah dua hari yang lalu memperdengarkan hafalannya di depan anggota yang lain. Meski tak ada panitia resmi proses tersebut berjalan lancar.

Agenda yang mengambil tempat di Pasangrahan KPMJB tersebut dimoderatori oleh Ust. Zamakhsyari. Acara dimulai dengan lantunan ayat suci Al-Quran oleh Muharrafsanjani, asal Aceh. Tanpa menunggu waktu lama, Para Qari’ putra maju untuk memperdengarkan surat Ad-Dhuha sampai surat Al-Baqarah secara bergilir.

Setelah Magrib usai, Qurra' kembali mengambil posisi di depan background untuk melanjutkan beberapa surat yang tertinggal. Setelah itu, moderator kembali menggengam mikrofon, memanggil perwakilan dari MAQURAA, Ust. Irwansyah untuk menyampaikan sepatah dua patah kata. Dalam sambutan pembukanya, beliau mengatakan keberadaan beliau saat itu adalah untuk mewakili ust. Arif Wardani yang sedang di Indonesia. 

Kemudian barulah Ust. Agus Salim Lc, dpl. menduduki kursi depan. Beliau mengingatkan bahwa seorang Hafiz itu bukan hanya memindahkan Al-Quran ke dalam ingatan saja. Akan tetapi, mâdah dari kata Ha-fa-dha itu sendiri yakni menjaga. Dalam hal ini mencakup segala aspek baik perbuatan, hati; seperti menjauhkan diri dari yang munkar dan lainnya. 

Tidak cukup sampai di situ, beliau juga menukil nasehat dari beberapa guru dan juga pengalamannya  terkait waktu yang paling cocok untuk mentadabburi Al-Quran adalah ketika waktu salat. 

Beliau juga berpesan untuk para huffaz agar selalu murajaah Al-Quran karena semakin kita mengulang Al-Quran, dengan mudah ia menjadi teman dan melekat erat dalam ingatan. Sebaliknya sehari kita meninggalkannya, seminggu ia akan berpaling bahkan bisa dalam jangka bulan maupun tahun. Khusus bagi yang sudah menghapal,  beliau mengajak untuk mengamalkan metode فمى بشوق  untuk mengkhatamkan Al-Quran dalam seminggu.  Huruf Fa berarti al- fatihah, Mim adalah Al-Maidah, Ya adalah Yunus, Bi adalah Bani Israil (Al-Isra), Syin adalah as-Syuara, Wa adalah wa As-Shaffat dan yang terakhir adalah Surat Qaf.

Setelah sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat, haflah ditutup dengan doa. Di penghujung agenda, azan Isya berkumandang. Para ikhwan langsung merapatkan shaf, acarapun berakhir. (NH)   
           


Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top