Grand Syekh Al-Azhar Penuhi Undangan Gereja Katolik Jerman

Grand Syekh Al-Azhar Prof. Dr. Ahmad Thayib (Tengah) bersama Uskup Gereja Katolik Berlin

Kmamesir.org. 21/3/2016. Dalam kunjungannya ke Berlin, Jerman (15/3), salah satu agenda Grand Syekh Al-Azhar adalah mengunjungi pendeta Katolik. Beliau menegaskan bahwa permasalahan yang sangat krusial sekarang adalah merealisasikan perdamaian di seluruh belahan dunia. “Harapan terbesar saya, mari membangun perdamaian dunia yang telah jauh dari kesan harmonis ini.” Tutur beliau. 


Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar Prof. Dr. Ahmad Thayib yang juga merupakan ketua Majelis Hukama Muslimin ke Jerman ini bertujuan untuk memenuhi undangan Keuskupan Agung Katolik. Prof. Thayib disambut oleh Uskup Katolik Hans-Jochen Jaschke. 

Uskup Hans-Jochen Jaschke yang merupakan ketua dialog antaragama mengungkapkan kebahagiannya atas kesediaan tokoh agung kaum muslimin ini untuk memenuhi undangan dari gereja Katolik. Ini membuktikan betapa pentingnya agama dalam kehidupan masyarakat. Jaschke menambahkan bahwa kunjungan Grand Syekh ke gereja Katolik merupakan kunjungan bersejarah, sebagai penegasan terhadap seruan beliau untuk melanjutkan dialog Islam-Kristen demi mewujudkan maslahat seluruh umat manusia. 

Imam Akbar Prof. Ahmad Thayib dalam sambutannya menegaskan bahwa perdamaian dan kasih sayang merupakan prinsip dasar agama yang sangat dibutuhkan demi stabilitas kemanusiaan. Perkara yang sangat penting dalam hidup adalah menyebarkan budaya damai di seluruh dunia. 

Beliau juga menambahkan bahwa ketiga agama Samawi kembali kepada sumber yang sama. Allah Swt. tidak menurunkan suatu agama melainkan Allah jamin kebahagiaan di dunia dan akhirat kelak. Dalam waktu dekat beliau akan menerbitkan sebuah buku yang berjudul Al-Bahs ‘an As-Salam

“Dari hati yang paling dalam, saya sangat berharap agar kita semua menjadi aktor untuk membumikan perdamaian yang mulai hilang dari dunia ini. Hal ini menjadi penting demi menyelamatkan manusia dari ketertindasan”. Tegas Grand Syekh yang merupakan tokoh muslim paling berpengaruh di dunia saat ini. 

Diakhir sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada pemimpin gereja Kristen serta menegaskan sekali lagi akan wacana dialog antaragama. Dalam waktu dekat Grand Syekh juga berniat untuk bertemu dengan Paus di Vatikan. (NR)


Sumber: Official Page of Al-Azhar Al-Shareef

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top