Lagi!!! Warga KMA Harumkan Nama Indonesia di Mesir


Kairo, 13 Oktober 2016 satu lagi putri asal Jakarta berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan menyelesaikan study S2nya di Cairo University dengan predikat mumtaz.

Aisyah, begitulah sapaan beliau. Ibu dari dua putri dan istri dari Tgk. Rahmat Puteh ini lahir di Kairo, 8 Mei 1987, telah menyelesaikan pendidikan jenjang S1nya di Al Azhar University jurusan Syari’ah Islamiyah pada tahun 2006-2010. Kemudian beliau melanjutkan Tamhidi Magisternya di Darul Ulum Pada tahun 2012-2013. Dan menyelesaikan Magisternya di Cairo University 13 Oktober 2016 lalu, setelah melewati sidang Thesis selama lebih kurang 2 jam.

Sidang Thesis beliau dibimbing langsung oleh Prof. Dr. Ahmad Siraj, selaku dosen Fakultas Syari’ah Islamiyah dengan judul Thesis “Al-‘Am Al-Mukhassas Fi Ahadis Kitab Al-Buyu’”. Dan sebagai dosen pembanding atas Thesis beliau adalah Prof. Dr. Hussein Abdul Ghani Samrah, dosen Fakultas Syari’ah Islamiyah, dan Prof. Dr. Zaki Zaidan, dosen Fakultas Syari’ah Islamiyah Thanta.

“Thesis saya, dengan taufiq Allah adalah upaya untuk menerapkan salah satu kaidah Ushul Fikih umum khusus pada masalah-masalah Fikih yang bersangkutan dengan bisnis dan jual beli, dengan harapan dapat memudahkan mereka yang bergelut dalam bidang Ekonomi, kususnya Ekonomi Syari’ah dalam memahami nash-nash syar’i, tutur beliau. Thesis ini berusaha menggabungkan 3 ilmu besar: hadis (sebagai bahan baku), ushul fikih (sebagai mesin), hukum fikih (sebagai produk), tambahnya.

Selamat kami ucapkan kepada saudari Aisyah, semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat dan semangatnya menular pada masisir yang lain.

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top