Syekh Muhammad Sayyid Thanthawi

sumber: gambar google


Oleh: Ahmad Qusyairi Marzuki

kmamesir.org 27/09/2017. Seorang ulama besar di dunia yang dilahirkan pada 28 Oktober 1928 M di Provinsi Suhaj, salah satu dari 26 provinsi di Mesir, berbatasan langsung dengan Al-Wadi Al-Jadid di barat, Al-Bahr Al-Ahmar di timur, Asyut di utara dan Qina di selatan. Beliau meninggal di Riyadh, Arab Saudi pada 10 Maret 2010 disebabkan serangan jantung. Beliau menemati posisi tertinggi di Al-Azhar sebagai grand syaikh sejak 27 maret 1996.

Beliau memperoleh ijazah Licence pada Fakultas Usuluddin di Universitas Al-Azhar pada tahun 1958, kemudian menjadi imam dan khatib sekaligus pengajar di bawah Kementrian Wakaf tahun 1960.

Beliau menggondol gelar magister dan dukturah di Fakultas Ushuluddin dalam bidang hadits dan tafsir pada tahun 1966 dengan predikat mumtaz.

Kemudian menjadi tenaga pengajar di Fakultas Ushuluddin Asyuth pada 1972, beberapa tahun kemudian beliau mengajar di Libya selama 4 tahun, kemudian tahun 1980 pindah ke Madinah Al-Munawwarah untuk mengajar sekaligus menjabat Dekan Fakultas Tafsir Universitas Ad-Dirasat Al-‘Ulya di Jamiatul Islamiyyah.

Pada tanggal 28 oktober 1986, beliau kembali ke tanah air dan diangkat menjadi mufti negara Mesir pada ulang tahunnya yang ke-58, fatwa-fatwa beliau membawa pengaruh besar dalam dunia Islam saat itu. Beliau memengang posisi ini kurang lebih sepuluh tahun sampai kemudian diangkat menjadi Syaikh Al-Azhar oleh Presiden Husni Mubarak.

Syaikh Sayyid Tanthawy walaupun memiliki kedudukan tinggi dalam pemerintahan Mesir, namun beliau tidak terlena dengan jabatan yang telah beliau peroleh, malah beliau dikenal sebagai pribadi yang zuhud, tenang, dan santun. 

Beliau juga dikenal sebagai sosok yang sangat gemar membaca, beliau sering meminta salah satu pembantunya untuk menunggu dan mengingatkan waktu shalat kepada beliau, disebabkan sibuknya dalam membaca dan mengkaji.

Beberapa karangan beliau:

1. Bani Israel fi Al-Qur’an wa As-Sunnah (1969)

2. At-Tafsir Al-Wasit li Al-Qur’an Al-Karim (1972)

3. Al-Qissah fi Al-Qur’an Al-Karim ( 1990 )

4. Muamalat Al-Bunuk wa Ahkamuha As-Syar’iyyah (1991)

Beliau menghembuskan nafas terakhir pada pagi hari Kamis 24 Rabi’ul Awwal 1431 H/10 Maret 2010 M di Riyadh, Saudi Arabia pada umur 81 tahun dan dikemumikan di Baqi’.

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top