Adakan Seminar Kemaktabahan dan Pemetaan Turast, Perpustakaan Mahasiswa Indonesia Kairo (PMIK) disesaki ratusan pengunjung

Ust Agung Saputro Lc. ketika menyampaikan materi tentang pemetaan ilmu Islam (foto: Staff PMIK)

Kmamesir.org 04/11/2017. Jum’at, (3/11). Perpustakaan Mahasiswa Indonesia Kairo (PMIK), mengadakan seminar tentang ke-maktabahan dan pemetaan turast. Acara ini dilaksanakan di ruang baca PMIK yang berada di lantai 5 wisma Nusantara dengan jumlah peserta sebanyak 130 orang. Acara ini dibuka dengan pembacaan Al-Quran, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia, ketua PMIK, wakil ketua PPMI dan perwakilan dari Atdik Kairo, 


Acara yang bertajuk “Seminar Pemetaan Turast dan Peran Maktabah dalam Peradaban Islam” tersebut dimulai dari pukul 13.00 Clt. sampai dengan pukul 17.30 Clt., dan dinarasumberi oleh tiga narasumber handal antara lain; ustaz Nasrullah, ustaz Agung Saputro Lc., dan ustaz Ahmad Saeful Milah. Tiga materi inti yang disampaikan para narasumber adalah hal-hal yang berkaitan dengan turast dan peranannya, pemetaan ilmu Islam, serta peran maktabah dalam peradaban Islam.

Peserta yang memenuhi ruang baca PMIK (Foto:Staff PMIK)


Ketua PMIK periode 2017-2018 tgk. Muhammad Aditya Wirawan, dalam sambutannya beliau menyampaikan “Membaca tidak bisa dijadikan sebagai hobi, sebagaimana kita tidak bisa menjadikan bernapas sebagai hobi. Karena bernapas adalah kebutuhan pokok begitu pula dengan membaca. Maka dari itu kami mengadakan acara ini bertujuan untuk meningkatkan semangat baca para mahasiswa di sini dan memberi pengetahuan tetang apa yang seharusnya kita baca, juga agar kita mengetahui peranan penting dari maktabah dalam membangun peradaban Islam.” 

Peserta dengan antusias mendengarkan materi-materi yang disampaikan (Foto:Staff PMIK)

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan penuh khidmat.  Banyak hal-hal menarik dan ilmu-ilmu baru yang didapatkan peserta. Hal inilah yang menambah antusiasme mahasiswa Indonesia di Mesir dalam mengikuti acara ini. Seminar ini ditutup dengan agenda tanya jawab antar peserta dan para pemateri, serta pembagian sertifikat dan doorprize kepada para peserta yang dapat menjawab soal-soal yang diberikan oleh para pemateri.




Arif Maulana

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top