Senin, 10 Januari 2022

Tips Makan Anti Ngantuk dari Negeri Bollywood

  Oleh: Abkarul Aufa

(Sumber ilustrasi: pixy.org)

Ayam Balado Tumis Kol, lauk sarapan pagi itu. Ditambah sepiring nasi. Hmm... Rasanya lezat sekali. Bukan sekali ini saja menikmatinya, tapi berkali-kali dalam seminggu. Tak ayal jika rebahan setelahnya akan terasa seperti di dalam taman surga.

Jam 08.25 Clt, kupandang secarik kertas yang tertempel rapi di depan lemari. "Setiap Minggu murajaah dars Mantiq dan maqulat setelah sarapan". Badanku terasa berat, lalu menguap. Hasrat untuk "rebahan" besar sekali. 

Sudah lumrah bahwa nasi putih merupakan sumber nutrisi & kalori yang melimpah ruah. Karbohidrat, zat besi, vitamin D, kalsium, zat serat  sudah menjadi bagian dari nutrisi tersebut. Bahkan mayoritasnya ialah karbohidrat. Dengan takaran 35 gram per setiap porsinya.

Makanya nasi putih kerap menjadi santapan 99%  masyarakat setiap harinya. Bahkan tidak sah jika makan tanpa sepiring nasi. Saya misalnya, hiks hiks hiks.

Dengan berbagai kandungan yang ada, lantas mengapa tubuh manusia kerap kali merasakan kantuk setelah makan nasi ? Mari kupas faktanya!

Rasa kantuk dan lemes setelah makan adalah sebuah respon tubuh akan perubahan kimiawi dalam sistem pencernaan. Sehabis makan, tubuh menghasilkan sebuah hormon yang sering disebut sebagai hormon insulin. Hormon ini awalnya berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah. Namun pada realita lapangan, semakin berat suatu makanan maka semakin meningkat pula produksi hormon ini. Pada akhirnya menimbulkan rasa kantuk berat.

Eits, tunggu dulu! Ini adalah respon yang sangat normal lho, bahkan ini merupakan bukti bahwa tubuh masih sehat walafiat, karena tubuh perlu istirahat yang cukup dan fokus pada pencernaan. Lantas biar ga ngantuk seharian gimana sih?

Ada berbagai trik yang dapat dilakukan untuk mencegah rasa kantuk menguasai tubuh setelah makan. Menurut seorang ahli gizi dari negeri Bollywood, Dr. Pooja Makhija. Ada beberapa cara untuk mencegah rasa kantuk ini muncul:

Pertama, Kontrol porsi makan anda.  Kuantitas makanan tidak boleh terlalu banyak. Karena semakin banyak makan, semakin besar usaha yang diperlukan tubuh untuk mencerna makanan. Lalu semakin lelah dan semakin mengantuk.

Kedua, Kurangi konsumsi karbohidrat, perbanyak makan sayur. Satu porsi sebaiknya mancakup 50% sayuran, 25% protein dan 25% karbohidrat.

Ketiga, Lakukan aktivitas fisik. Misalnya jalan kaki selama 20 menit, dsb.

Keempat, Perbanyak minum air putih. Kekurangan air putih menyebabkan tubuh lemas dan tidak bersemangat. Dianjurkan untuk mengkonsumsi delapan gelas air putih setiap hari.

Semoga Bermanfaat.

Editor: Annas muttaqin

Badan Takaful Aceh


Tidak ada komentar:

Item Reviewed: Tips Makan Anti Ngantuk dari Negeri Bollywood Rating: 5 Reviewed By: kmamesir