Selasa, 22 Februari 2022

Putra Langsa Meraih Cum Laude di Universitas Al-Azhar Mesir

Dok. Pribadi
Kmamesir.org (22/2/2022). Rizky Syahputra Adnan putra Langsa berhasil menyelesaikan program studi magisternya di Universitas al-Azhar setelah melaksanakan sidang munaqasyah tesis pada Minggu (20/2), pukul 10.00 Clt. di aula Imam adz-Dzahabi, Darrasah, Kairo. Tesis dalam bidang hadis itu berhasil dipertahankan dengan baik dan meraih predikat Cumlaude.

Penelitian tesisnya berjudul "Studi Analisis Terhadap Hadis-hadis Terkait Hukum Pemberontakan dan Jihad dalam Ensiklopedia Hadis Hukum: 'Ghayat Al-Ihkam fi Hadith Al-Ahkam' Karya Abu Ja'far Ahmad bin Abdullah Ath-Thabari Asy-Syafi'i (615 H-694 H)"

Sidang berlangsung selama tiga jam di hadapan dua orang penguji dan dua orang pembimbing yaitu Prof. Dr. Muhammad Ali Farhat dan Prof. Dr. Hisham Ibrahim Farag sebagai dosen pembimbing. Adapun dosen penguji yaitu Prof. Dr. Azmy Salim Shaheen dan Prof. Dr. Abdelhamid Muhammad Ayyath. Keempatnya merupakan guru besar fakultas hadis Universitas al-Azhar, Kairo, Mesir.

Tesis yang berjudul asli “Ghayat al-Hikam fi Ahadits al-Ahkam li Muhibbiddin ath-Thabari (w.694H) Dirasah Naqdiyyah” meneliti 234 hadis Rasulullah Saw. terkait  hukum - hukum pemberontakan dan jihad dalam Islam dari kitab Ghayat al-Ihkam fi Ahadith al-Ahkam karya Imam Muhibuddin al-Thabari seorang muhaddis dan ulama mazhab Syafi'i terkemuka abad ke-7. Studi tersebut meliputi kajian manuskrip, teks hadis, takhrij, penelitian terhadap silsilah riwayat (dirasat asanid), serta hukum dan hikmah yang terkandung dalam hadis yang diteliti.

Risalah Tgk. Rizky Syahputra ini hadir menjadi embun segar di tengah-tengah kita. Agar senantiasa menjaga diri dan orang terdekat dari bahaya radikalisme. Tidak sedikit masyarakat kita keliru memahami hadis-hadis tentang jihad.

Ucapan kami yang setinggi-tingginya untuk guru kami Tgk. Rizky Syahputra, Lc. yang telah menyelesaikan studi magisternya di bidang ilmu hadis. Sangat layak predikat mumtaz ini disematkan. Harapan kami semoga ini menjadi pengingat kesekian kalinya bagi generasi muda untuk terus mengejar ilmu lewat pendidikan yang layak. Aceh saat ini membutuhkan orang-orang yang berkualitas. Untuk sama-sama kita bangun Aceh ke arah yang lebih cerah.

Keluarga Mahasiswa Aceh Mesir mengucapkan tahniah, selamat kepada Tgk. Rizky Syahputra, Lc. MA. dan keluarga. Semoga ilmunya bermanfaat kepada untuk umat, dunia dan akhirat”. Ujar ketua KMA, Muhammad Syukran.

Rizky tak lupa pula mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada berbagai pihak yang telah mendukungnya selama ini.

“Ucapan terima kasih kepada keluarga, ayah dan Ibunda serta istri tercinta yang selalu mendukung demi selesainya studi kami. Juga apresiasi setinggi-tingginya kepada guru-guru kami khususnya Syaikh Daud Muhammad ar-Rifai dan Syaikh Khalid al-Faituri yang memiliki andil besar dalam penyusunan tesis."

Serta terima kasih sebesar-besarnya kepada Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir dan Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh yang sedari awal saya menapak di Bumi Kinanah sampai sekarang, selalu bahu membahu memberikan bantuan dan dukungan. Semoga KMA dan IKAT terus maju dan semakin luas memberikan manfaat kepada umat baik di dalam maupun luar negeri.

Terakhir kepada seluruh pihak yang telah mendukung kami, khususnya KBRI Cairo, PPMI, Yayasan Nusantara Palestina Center (NPC), Senat Ushuluddin, Rumah Ushuluddin dan Rumah Syariat. Semoga Allah melimpahkan berkah dan pahala”.[]

 

Reporter: Ali Akbar Alfata

Editor: Annas Muttaqin

Badan Takaful Aceh


Tidak ada komentar:

Item Reviewed: Putra Langsa Meraih Cum Laude di Universitas Al-Azhar Mesir Rating: 5 Reviewed By: kmamesir