KMA Mesir Adakan Haul Abuya Muda Waly al-Khalidy

(Sumber : Dokumen Pribadi)
Kmamesir.org (24/07/22) - Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir mengadakan Haul Syekh Muhammad Waly Al-Khalidy yang ke-63. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (21/70) , di Meuligoe KMA. Acara ini turut dihadiri oleh warga Aceh yang berada Kairo, Mesir.

Acara tersebut diadakan guna mengingat kembali seorang tokoh ulama yang dikenal sebagai Sang Bapak Pendidikan Aceh. Rangkaian Peringatan Haul ini meliputi pembacaan Manaqib Abuya Muhammad Waly Al-Khalidy oleh Tgk. Gustiansyah, dilanjutkan dengan pembacaan shamadiyah yang dipimpin oleh Tgk. Amir Hasan, disambung dengan tausiah oleh Tgk. Husni Nazir, Lc., Dipl., dan terakhir acara ditutup dengan khanduri.

Seorang Ulama sekaligus bapak pendidikan Aceh ialah Syekh Abuya Muhammad Waly Al-Khalidy. Beliau lahir di desa Blang Poroh, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 1917 M. Pada tanggal 11 Syawal 1381 H atau bertepatan dengan 20 Maret 1961 pada jam 15.30 WIB Abuya pulang ke rahmatullah Swt.

Tgk. Husni Nazir, selaku penceramah dalam acara tersebut mengungkapkan betapa pentingnya bagi para penuntut ilmu untuk membersihkan hati dan memperbaharui niat dalam menuntut ilmu untuk menjaga Agama Allah Swt. Abuya Muda Waly ini adalah seorang Mujadid ilmu agama di Aceh. Banyak hal-hal yang diperbaiki oleh Abuya Muda Waly baik dari segi ibadah, iktikad dan muamalat.


“Dikatakan sudah banyak yang melenceng sebelum Abuya ada. Kalau kita melihat literasi Islam, memang ada setiap seratus tahun sekali diutus seorang mujadid untuk memperbaiki agama. Maksud memperbaiki bukan memperbaiki apa yang tidak ada, tapi memperbaiki apa yang sudah ada. Bukan membuat suatu hal yang baru. Seperti Imam asy-Syafi’i dan Imam al-Asy’ari.” Tutur penceramah asal Panton Labu, Aceh Utara.

Ketua panitia mengabarkan acara ini sudah direncanakan dan dipersiapkan semenjak bulan Mei lalu, sebagaimana yang diadakan di dayah-dayah Aceh. Tapi karena ada beberapa kendala dan kegiatan penting lainnya diundur hingga hari tersebut, di antaranya ujian. Di penghujung acara, para hadirin menikmati khanduri.[]


Reporter : Fahmi Rizki 

Editor : Muhammad Farhan Sufyan 

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top