Sang Zahid dalam Limpahan Harta dan Ilmu

Oleh: Salsabila Ulfah*

(Sumber foto: tribunnewswiki.com)

Beliau adalah Imam Laits bin Sa’ad bin Abdurrahaman al-Fahmi. Al-Fahmi adalah nisbat kepada Fahm salah satu kabilah dari Qais ‘Ailan yang asalnya adalah Ashfahan. Imam Laits lahir di Mesir pada pertengahan bulan Sya’ban di kampung Qalasqandah provinsi Qalyubiyyah tahun 94 H. Menurut satu pendapat beliau lahir pada tahun 93 H.

Imam Laits adalah seorang Tabi’ ut- Tabi’in , seorang ulama, ahli fikih, perawi hadis dan cendekiawan muslim yang hidup pada kekuasaan Bani Umayyah, beliau adalah puncak keilmuan Mesir saat itu. Pendiri mazhab fikih Al-Laitsiyah, hanya saja murid-murid beliau tidak ada yang mengkodifikasi mazhab sang Imam, sehingga mazhab beliau hilang, terlebih lagi dengan bertambahnya murid-murid Imam Malik dan Imam Syafi’i. Mazhab Laitsiyah hanya bertahan kurang lebih 30 tahunan. 
Perlu diketahui bahwa mazhab fikih lintas generasi ada lebih depalan puluh sekian mazhab, hanya saja mazhab Ahlussunnah yang lestari sampai sekarang hanya empat; Hanafiyah, Malikiyah, Syafi’iyah dan Hanabilah.

Kedermawanan Imam Laist

Imam Laits adalah sosok yang terhormat, dermawan dan cerdas. Beliau adalah salah seorang hamba yang mendapatkan anugerah kekayaan dari Allah Swt. Disebutkan bahwa pendapatan beliau pertahun adalah seratus ribu dinar, harta beliau yang melimpah tidak membuat beliau terlena oleh dunia, beliau sangat dermawan dan tidak kikir. Dikisahkan, pada suatu hari Imam Syafi’i berdiri di sisi makam Imam Laits seraya berkata, “Demi Allah wahai Imam, engkau telah mengumpulkan empat sifat yang tidak dimiliki ulama lainnya; ilmu, amal, zuhud, dan kedermawanan”.

Dikisahkan juga, ketika Imam Laits pergi ke Madinah Al-Munawwarah, beliau menghadiahkan 1000 dinar kepada Imam Malik. Lalu seseorang bertanya kepada beliau, “Mengapa pemberian anda lebih besar daripada pemberian khalifah?” beliau menjawab, “Saya tidak suka bila pemberian saya kepada Imam Malik lebih kecil dari pemasukan saya perhari.”

Beliau adalah seorang yang zuhud. Yahya bin Bukair salah seorang murid beliau berkata, “Saya pernah menyaksikan orang-orang fakir berdesak-desakan di depan rumah Imam Laits bin Sa’ad. Beliau membagikan sedekah kepada mereka, hingga tak ada seorang pun yang tidak memperoleh bagian. Setelah itu beliau bersama saya mengantarkan sedekah ke 70 rumah janda. Setelah sampai di rumah, beliau menyuruh salah seorang pembantunya untuk membeli minyak dan roti dengan uang satu dirham. Ketika saya datang ke rumah beliau, saya melihat 40 tamu berada di dalam rumah beliau, mereka dijamu dengan daging dan manisan. Setelah si pembantu datang, saya tanyakan kepadanya, “Untuk siapa roti dan minyak yang engkau beli ini?" Pembantu tersebut menjawab, “Imam Laits menghidangkan daging dan manisan kepada para tamu, akan tetapi saya melihat beliau hanya makan roti dengan minyak saja”.

Imam Laits di Kalangan Ulama

Imam Laits adalah pengusaha sukses, namun hal itu tidak menghalanginya untuk belajar mendalami ilmu agama. Sejak kecil, gurunya mengakui Al- Laits memiliki kecerdasan yang luar biasa, beliau sangat antusias dalam menghadiri majlis-majlis ilmu. Demi menggapai cita-citanya Imam Laits belajar sampai di luar Mesir, di antara guru beliau yang ada di Mesir adalah Yazid bin Abi Habib, Abdullah bin Abi Ja’far, Ja’far bin Rabi’ah, al-Harits bin Yazid. Selain itu beliau juga berguru kepada para ulama dari Madinah, di antaranya adalah Yahya bin Sa’id al-Anshari.

Pada tahun 113 H beliau menunaikan haji, dalam kesempatan tersebut beliau mengambil riwayat dari Ibnu Syihab az-Zuhri, Ibnu Malikah, Atha’ bin Abi Rabah, Abu Zubair, Nafi’, Uqail, Imran bin Abi Anas, Hisyam dan ulama-ulama lainnya yang hidup pada zaman tersebut, pada saat itu Imam Laits masih muda, walaupun demikian para ulama telah mengetahui keutamaan dan kewara’an beliau. Cukuplah sebagai bukti keutamaan kawan sejawat Imam Malik bin Anas ini, bahwa ia adalah guru dari pada guru Imam Bukhari dan Muslim. Hadis-hadis riwayat beliau terdapat di dalam Kutubus sittah dan beliau adalah orang yang adil dan tsiqqah.

Beliau juga seorang penghafal Al-qur’an, mampu hafal hadis yang sampai padanya, menghafal syair-syair Arab. Belajar ilmu-ilmu Al-qur’an, periwayatan hadis, fikih, bahasa dengan berbagai cabangnya dari guru-guru dan ulama yang ada di masjid al-Fusthath. Sikap beliau yang rendah hati, sabar dan selalu berbaik hati membuat orang-orang menyukainya.

(Makam Imam Laits. Sumber foto: sites.google)
Akhir Hayat Imam Laits

Suatu ketika Imam Laits sakit selama beberapa hari, kemudian Allah mencabut nyawanya. Beliau wafat pada 15 Sya’ban tahun 175 H, empat tahun sebelum wafatnya Imam Malik, dimakamkan di pemakaman Shadaf. Dalam Al-Kawaakib as-Sayyarah karya Ibnu Zayyat disebutkan pendapat al-Qurasyi bahwa makam Imam Laits awalnya adalah berupa gundukan tanah, kemudian setelah tahun 640 H, makam beliau di bangun seperti yang ada saat ini. Ibnu Zayyat menambahkan bahwa Ibnu Jabbas di dalam kitab Tarikh-nya mengatakan, “Saya dulu melihatnya demikian, kemudian dibangun oleh Ibnu Tajir dan tempat tersebut adalah tempat suci yang terkenal dengan dikabulkannya do’a yang dipanjatkan di sana”.

Orang-orang sangat sedih atas berpulangnya ulama yang dermawan itu, sampai sekarang masih banyak para pengunjung yang menziarahi makam Imam Laits. Lokasinya di Qarrafah Shughra, di kawasan ini sangat banyak ulama yang masyhur dikebumikan.

Semoga kelak kita bisa mencontoh tauladan dari para wali-wali Allah.[]

*Penulis Merupakan Mahasiswi Fakultas Syari'ah Islamiyah, Universitas Al-Azhar - Kairo.

Editor: Marlina Sukmawati


Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top