Selasa, 08 November 2022

Putra Aceh Utara Raih Cum Laude di Universitas Al-Azhar

 

Dok. KMA
Kmamesir.org (08/11/2022) - Husni Nazir putra Aceh Utara berhasil menyelesaikan program studi magisternya di Universitas Al-Azhar. Karya Tesis dalam bidang Usul Fikih berhasil dipertahankan dengan baik. Sidang dimulai pada pukul 13.00 waktu kairo di ruang kuliah Syariah Wal Qanun, Universitas Al-Azhar Kairo (6/11). 

Penelitian tesisnya berjudul "Ta'arudh dan Tarjih Kiyas dalam Kitab Al-Majmuk karya Imam An-Nawawi; dari Kitab Al-Ath'imah sampai Bab Bayk Al-Araya". 

Sidang berlangsung selama tiga jam di hadapan dua penguji yaitu Prof. Dr. Mahmud Abdurrahman Abdul Mun'im dan Prof. Dr. Ahmad Mukhtar Mahmud, dan sidang didampingi oleh seorang pembimbing yaitu Prof. Dr. Abdelmaula Al-Talayawi. ketiganya merupakan guru besar dalam bidang Usul Fikih. 

Tesis yang berjudul asli “Ta’arudh wa Tarjih baina al-aqyisah min khilal kitab Al-Majmu’ li Imam An-Nawawi min kitab al-ath’imah ila akhir bab bai’ al-araya” tidak luput dari berbagai catatan penting baik dari penguji maupun pembimbing sendiri. Kendati pun demikian, syekh Mahmud Abdurrahman memuji penulis serta karyanya.

“Husni Nazir mengerti apa yang ia tulis, hal ini menjadi bukti bahwa ia sangat menguasai dan mendalami ilmu usul fikih. Saya melihat masa depan yang cerah menanti Husni. Semoga kesungguhan dan ilmunya membawa manfaat bagi tanah air serta umat islam (secara keseluruhan).”

Dok. KMA
“Selamat dan sukses kami ucapkan kepada Tgk. Husni Nazir, MA yang telah menyelesaikan studi magisternya dengan predikat Mumtaz/Cumlaude. Tgk Husni Nazir merupakan sosok seorang guru yang aktif pada berbagai lembaga, baik di pendidikan, kepenulisan dan juga dunia Website di KMA. harapan kami, semoga ilmu yang telah beliau capai berkah, bermanfaat bagi ummat dan kami yang masi menuntut ilmu di Mesir bisa mengikuti jejak beliau. Semoga kedepan, semakin banyak lagi mahasiswa/i Aceh yang bisa menyelesaikan studi magister dan doktornya”. Ucap Budi Triono selaku ketua KMA.

Sidang Munaqasyah Tesis dihadiri oleh ratusan peserta, bahkan dari berbagai negara lain pun juga ikut menyimak rapat sidang. Di akhir acara para hadirin serempak memberikan tepuk tangan setelah Prof. Dr. Abdelmaula Al-Talayawi mengumumkan hasil sidang Husni Nazir dengan predikat Mumtaz (cum laude). 

Husni Nazir turut mengungkapkan rasa terima kasih nya kepada setiap tokoh, figur, serta kerabat dan sanak saudara yang telah memberikan support dan bantuan hingga ia dapat menyelesaikan jenjang magister.

“Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya terutama kepada kedua orang tua, Istri serta anak tercinta, tak lupa pula keluarga semua yang senatiasa membantu saya. Selanjutnya, terima kasih pula kepada guru-guru saya, terutama kepada Tgk. Abdul Ghani, Juga kepada guru-guru saya di SD Panteu Breuh, SLTP 1 Tanah Jambo Aye, Pondok Pesantren Bustanul Ulum Langsa, serta guru-guru saya di Universitas Al-Azhar. Juga terima kasih saya ucapakan kepada Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) di Kairo, rumah saya di perantauan, dan KBRI Kairo yang terus memberikan pelayanan dan keamanan bagi para seluruh mahasiswa Indonesia di Mesir. Dan yang terakhir kepada seluruh sahabat, kerabat, saudara, dan semua orang-orang yang telah mendoakan kebaikan kepada saya. Semoga Allah memberikan kalian sebaik-baik balasan. Allahumam Amiin".[]


Reporter: Ali Akbar Alfata

Editor : Annas Muttaqin


Badan Takaful Aceh


Tidak ada komentar:

Item Reviewed: Putra Aceh Utara Raih Cum Laude di Universitas Al-Azhar Rating: 5 Reviewed By: kmamesir