Mahasiswa Aceh di Mesir Kembali Mengadakan Halal Bihalal Lebaran Idul Adha

 
  
Sumber: Dokumen Pribadi


Kmamesir.org (2/7/2023) Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir sukses melaksanakan acara Halal bihalal Idul Adha tahun 1444 H, yang bertempat di Meuligoe KMA, Nasr City, Kairo Mesir pada hari Sabtu (1/7). Acara yang rutin dilaksanakan setiap lebaran Idul Adha ini merupakan agenda tahunan yang wajib dihadiri oleh warga Aceh yang ada di Mesir.

Tgk. Muhammad Shidqi dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa acara halal bihalal merupakan momentum yang selalu dinantikan oleh seluruh warga KMA.

"Momen ini ibarat mudik pulang kampung kalo di Aceh. Tapi karena kita di Mesir dan belum bisa kembali ke Aceh, maka di sinilah kita bisa menemukan kehangatan keluarga seperti di kampung halaman". Ucap beliau.

Tgk. Haikal Rusydi juga dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa halal bihalal merupakan rentetan dari beberapa acara di hari raya Idul Adha. Setelah sehari sebelumnya sukses melaksanakan ibadah qurban.

"Terimakasih kami ucapkan kepada segenap para muhsinin yang sudikiranya telah bersedia berqurban bersama KMA pada tahun ini. Alhamdulillah kita berhasil menyembelih 7 ekor hewan kurban. 3 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Jazakumullah khair al-jaza". Pungkasnya.

Lalu kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti dari acara tersebut, yaitu ceramah Idul Adha oleh Tgk. Muhammad Auzai, Lc. yang merupakan seorang mahasiswa pasca sarjana Universitas Al Azhar fakultas ulum islamiyah jurusan hadis.

"Halal bihalal ini merupakan di antara bentuk dari silaturahmi. Dan silaturahmi ialah salah satu cabang keimanan seorang hamba sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw: "Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir akhir hendaklah dia bersilaturrahmi". Nasehat beliau.

Acara lalu dilanjutkan dengan pembacaan samadiah dan salat ghaib berjamaah kepada almarhumah Misriawati binti Ghazali bin Hasan Krueng Kalee ibunda dari Tgk. Ali Akbar Alfata, salah satu warga KMA angkatan Beumeuhase (kedatangan tahun 2017).

Lalu Tgk. Thaiburrifqi Ananda Hafifuddin, Lc. Dipl. selaku koordinator majelis syura KMA juga ikut menyampaikan dalam sosialisasi majelis syura, bahwa KMA berasaskan keluarga dan persaudaraan, maka sudah sepatutnya kita saling merasakan suka duka bersama. 
 
 
Sumber: Dokumen Pribadi
 

Sebelum akhirnya acara ini ditutup. Para hadirin menyimak nasehat dari ureung tuha (orang tua) Tgk. Muniruddin. Dan setelah rentetan acara selesai, warga KMA menyantap hidangan gulai kambing khas Aceh di Meuligoe tercinta.[]
 
 
 
 
 
 
Repoter : Abkarul Aufa
Editor : Muhammad Asyraf Abdullah

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top