Usai Sidang Muhasabah Dewan Pengurus Periode 2022-2023 Digelar, Tgk. Muhammad Shidqi Resmi Dilantik Sebagai Nahkoda Baru KMA.


Tgk. Muhammad Shidqi, Lc. ketua KMA terpilih periode 2023-2024 dan Tgk. Budy Triono, Lc. ketua KMA periode 2022-2023.


Kmamesir.org (7/7/2023) Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir berhasil melaksanakan Muhasabah Dewan Pengurus (MDP) periode 2022-2023 di bawah kepemimpinan Tgk. Budy Triono, Lc. yang berlangsung di Meuligoe Aceh, Hay Tasi', Kairo Mesir. pada hari Kamis (6/7) alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan penuh khidmat.

Sidang MDP-KMA periode 2022-2023 dimulai pukul 12:30 waktu Kairo. Tgk. Budy bersama anggota pengurus lainnya telah berhasil mengarungi bahtera kepemimpinan selama setahun belakangan ini setelah diminta pertanggungjawaban kepengurusannya dalam sidang Muhasabah Dewan Pengurus ini.

Sidang muhasabah dipimpin langsung oleh Tgk. Muhibussabri, S.Hum, Lc. dan Tgk. Muhammad Zarqali, S. Ag, Dipl. sebagai presidium sidang. Dan dewan Majelis Syura KMA juga ikut andil memantau jalannya acara. Setelah salat Zuhur, para pengurus dipanggil per departemen untuk melaporkan hasil kinerja selama masa kepengurusan. Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) tahap pertama dimulai dari Ketua KMA, dilanjutkan dengan jajarannya seperti Badan Pengurus Harian (BPH), departemen pendidikan, departemen penelitian dan pengembangan, publikasi, humas, kesenian, kesejahteraan, olahraga, kesehatan dan keputrian. 
 
Ketua KMA bersama Badan Pengurus Harian (BPH) sedang menyampaikan laporan pertanggung jawaban.


Usai salat Asar, acara kembali dilanjutkan. Setelah semua LPJ selesai dibacakan, Tgk. Budy Triono pamit dengan untaian kata ribuan terima kasih kepada seluruh warga KMA yang telah mempercayai beliau untuk memimpin selama ini.

“Hingga saat ini kami sadar tanpa dukungan dan bantuan dari seluruh warga KMA kami tidak bias apa-apa. Ibarat kami naik ke gunung sinai tanpa pemandu, bisa jadi kami sampai ke puncak, akan tetapi dengan waktu yang lama atau bahkan kami tidak mengetahui jalan pulang.” Ucap Tgk. Budy.

Setelah pengesahan LPJ pengurus, tiba saatnya masyarakat KMA memilih panglima baru bagi masyarakat Aceh di Mesir. Dewan Majelis Syura sebagai lembaga tertinggi KMA menjaring banyak calon yang diusung masyarakat Aceh di Mesir kali ini. Dengan segala pertimbangan dan hasil musyawarah, Dewan Majlis Syura akhirnya memilih 3 calon terkuat. Tgk. Ali Akbar Alfata, Lc., Tgk. Muhammad Shidqi, Lc., dan Tgk. Novian Nuzul Faza, Lc. Ketiga calon ini merupakan kandidat terbaik yang akan membawa KMA lebih maju dan sejahtera. 

Suasana proses pemilihan ketua KMA untuk masa khidmat 2023-2024 di Meuligoe Aceh.



Sama seperti tahun sebelumnya, Majelis Syura mengajukan tiga nama untuk masuk dalam pencalonan ketua KMA. Dan sebelum diadakan pemilihan, ketiga calon diberikan kesempatan untuk menyampaikan kata sambutan. Alangkah hebatnya, sejarah kepemimpinan KMA terulang lagi. Tak ada satu kandidat pun yang ingin dipilih dan berkenan menjadi ketua KMA. Mereka menolak dengan alasan tidak mampu.

Beginilah warna dan suasana pemilihan kepemimpinan KMA setiap tahunnya, tak ada yang saling menyikut apalagi menyombongkan diri. Bahkan mereka enggan untuk terpilih sebagai nahkoda baru, mengingat amanat yang diberikan begitu berat.

Dengan adanya tiga pilihan kandidat ketua, masyarakat KMA dihadapkan pada pilihan sulit, banyak yang bimbang menentukan pilihan. Ketiganya merupakan calon terbaik yang dimiliki KMA. Jadi, mau tidak mau masyarakat harus rela memilih salah satu diantara ketiganya.

Setelah proses ikhtiar masyarakat KMA dalam pemilihan panglima baru, akhirnya Tgk. Muhammad Shidqy, Lc terpilih sebagai ketua KMA periode 2023-2024 dengan perolehan suara 111, diikuti Tgk. Novian 83 suara dan setelahnya Tgk. Ali Akbar Alfata dengan jumlah 53 suara.

“Tidak banyak hal yang ingin saya sampaikan karena memang benar-benar tiada persiapan untuk ini semua, mulai hari ini saya telah diberikan amanat dan tanggung jawab baru sebagai ketua KMA. Sungguh sangat banyak kekurangan yang tidak bisa saya sempurnakan tanpa adanya bantuan dan dukungan dari warga KMA semua.” Ucap panglima baru KMA.

Usai pakaian adat Aceh disematkan oleh Tgk. Budy Triono kepada ketua KMA yang terpilih, Tgk. Muhammad Shidqi kini resmi dilantik, seluruh warga KMA bertepuk tangan dan memberikan dukungan.

Acara yang berakhir pada pukul 21:30 CLT, ditutup dengan menyantap hidangan sop daging yang lezat.

Kami segenap kru website Keluarga Mahasiswa Aceh Mesir mengucapkan, “Selamat kepada Tgk. Muhammad Shidqy, Lc. atas terpilihnya sebagai nahkoda baru pengendali bahtera KMA yang akan membawa penumpangnya menuju tujuan dengan aman dan selamat.” Semoga di bawah kepemimpinan beliau KMA menjadi lebih kompak, maju, dan berjaya sesuai harapan kita semua. Amiin.[] 






 
Reporter: Taufiqurrahman Samsul Qamal
Editor: Muhammad Asyraf Abdullah







Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top