KMA Mesir Sukses Adakan Webinar “Penerbitan Naskah” dengan Penerbit Quanta Indonesia

Foto sebagian peserta usai terlaksananya Webinar "Penerbitan Naskah" bersama Mas Hediansyah (pojok kiri atas) selaku editor Quanta Indonesia


Kmamesir.org (8/9/23) Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) di Mesir sukses mengadakan Webinar "Penerbitan Naskah" yang berkolaborasi antara Sekolah Menulis KMA dengan penerbit Quanta Indonesia pada Kamis (7/9). Acara yang berlangsung melalui zoom ini merupakan salah satu program Departemen Publikasi KMA periode 2023-2024.
 
Peserta yang hadir saat Webinar berjumlah 92 orang, selain mahasiswa Mesir Indonesia, agenda ini juga ikut dimeriahkan oleh peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Webinar yang dimulai pada pukul 10:00 waktu Kairo atau 14:00 WIB ini bertemakan “Aku Menulis, Maka Aku ada”. Kegiatan ini juga tidak dipungut biaya serta disponsori oleh safara store.eg. 
 
Baca Juga: Rapai Geleng Gemparkan Mesir pada Pembukaan Ismailia International Folklore Festival 2023

Acara diawali dengan pembukaan oleh Tgk. Arief Munandar selaku MC dan ketua panitia Webinar. Kemudian diikuti dengan pembacaan ayat suci al-Quran oleh Tgk. Muhammad Akbar, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Tgk. Muhammad Shidqi, Lc. selaku Ketua KMA Mesir. “Keluarga Mahasiswa Aceh sangat peduli dengan karya serta pengembangan minat dan bakat dari anggota-anggotanya, sehingga KMA sendiri banyak membangun wadah-wadah untuk melatih bakat; di antaranya adalah Sekolah Menulis (SM). Semoga dengan Webinar ini makin banyak anggota KMA dan kawan-kawan yang bisa menerbitkan naskah karya tulis terbaru, sebagai salah satu bentuk kepedulian kita terhadap literasi anak bangsa". Ucap ketua KMA.
 
Sumber: dokumen pribadi
 

Setelah itu MC mempersilakan Tgk. Muhammad Yusran selaku moderator dan Kepala Sekolah Menulis KMA tahun ini, untuk memulai sesi materi dan tanya jawab. Diawali dengan pengenalan pemateri Webinar dan sedikit memperkenalkan Sekolah Menulis untuk semua peserta. 
 
“Sekolah Menulis telah berdiri dari tahun 2012 dan hingga sekarang telah menghasilkan karya tulis sebanyak 140 naskah, yang terdiri dari beragam tema dan judul. Di antaranya sudah diterbitkan oleh penerbit-penerbit di indonesia. Semoga ini menjadi langkah awal untuk Sekolah Menulis agar lebih banyak melahirkan para penulis dengan naskah yang hebat di masa depan.” Ujar kepala Sekolah Menulis.

Kemudian pemaparan materi oleh Mas Hediansyah selaku salah satu editor tim penerbit Quanta Indonesia. Mas Hedi menjelaskan jenis-jenis penerbit buku di Indonesia, tips mengirim naskah ke penerbit, cara mengirimkan naskah ke penerbit, kriteria tulisan (layak) terbit (terutama di Quanta), alur penerbitan buku di penerbit mayor, benefit menerbitkan buku di penerbit mayor dan terakhir tema produk terbitan Quanta.

“Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari Webinar kali ini dan juga mengapresiasi atas terselenggaranya webinar hari ini yang diadakan oleh KMA, semoga acara ini bukan hanya ajang silaturrahmi tapi akan terus bekerja sama ke depannya dan mampu berkolaborasi antara Keluarga Mahasiswa Aceh Mesir dengan penerbit Quanta. Kami dari tim penerbit Quanta akan menunggu naskah-naskah terbaik dari sekolah menulis”. Ujar Mas Hedi.

Webinar yang mendapatkan antusias dari para peserta ini akhirnya ditutup dengan penyerahan sertifikat secara simbolik kepada pemateri dan diakhiri dengan doa. []
 
 
 
 
Reporter: Taufiqurrahman Samsul Qamal 
Editor: Asyraf Abdullah

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top