Minimnya Peran Alumni Azhar di Perbankan, KMA Mesir Sukses Adakan Seminar dan Training Perbankan Syari'ah

Sumber: Dokumen pribadi

Kmamesir.org (4/10/2023) Devisi Penelitian & Pengembangan (Litbang) KMA Mesir bekerja sama dengan Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) dan Pusat Kajian Ekonomi Islam (PAKEIS) sukses menyelenggarakan Seminar dan Training Bersama Praktisi dengan judul “Memahami Akad dan Operasional Perbankan Syariah” bersama bapak Dr (C) Muhammad Faisal Muchtar, Lc., MSi. pada Rabu dan Kamis (1-2/10) di Meuligoe Aceh tercinta. Acara berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh 175 partisipan terdiri dari pelajar Indonesia yang berada di Mesir.

Pemateri yang akrab disapa Pak Faisal adalah pria kelahiran Banda Aceh dan juga merupakan alumni dari Universitas Al-Azhar Cairo, Mesir yang sekarang juga menjabat sebagai Head Shariah Advisory & Assurance Maybank Indonesia.

Acara ini dimulai pada pukul 13:30 Clt dan diawali dengan pembukaan oleh MC Tgk. Wahyu Hidayatullah berulang-kali dapat pujian dari pemateri karena pembawaannya yang sangat lugas dan menarik. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Majelis Syura' dan ketua Litbang KMA.

“Beliau mengambil ilmu dari negeri ini, kemudian berkiprah di tanah air dan akan menyampaikan kembali ke kita pada hari ini. Saya berharap kepada peserta semuanya agar bisa mengambil dan menggali ilmu dari beliau yang sudah pakar dalam dunia perbankan.” Ujar Tgk. Mukhlis Ilyas. Lc., Dipl. Sebagai perwakilan Majelis Syura'.


Acara ini terdiri dari 4 sesi yang tiap sesinya ada satu judul yang dibahas, diantaranya; overview perkembangan bank syari'ah dan syari'ah first, regulasi & fatwa lembaga keuangan syariah, akad & produk funding dan akad & produk financing. Diakhiri dengan sharing tips berkiprah di keuangan syari'ah.

“Tidak panjang lebar saya berbicara, hanya ucapan terima kasih kepada semua pihak, terutama panitia dari anggota Litbang KMA, teman-teman dari PPMI dan PAKEIS yang sudah banyak berkontribusi dalam menyukseskan acara hari ini. Materi akan disampaikan sebanyak empat sesi dalam dua hari. Jika seandainya tidak selesai, maka Insyaallah akan kita lanjutkan melalui Zoom Meet.” Ucap Tgk. Faiz Akbar selaku ketua Litbang.

“Kami sangat senang bisa mengikuti seminar yang sangat keren, banyak ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan dari pemateri, terima kasih Litbang KMA, PPMI & PAKEIS yang sudah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat.” Ujar salah satu peserta.

Acara yang telah berlangsung selama dua hari ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri dan diakhiri dengan foto bersama.



Reporter: Taufiqurrahman Samsul Qamal
Editor: M. Arief Munandar


Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top