Minat Diskusi di Kalangan Masisirwati Menurun, Wihdah Sukses Menggelar Forum Kajian Perempuan (FORKAPAN)

Sumber: Dokumen Panitia

Kmamesir.org (7/10/2023) Wihdah PPMI Mesir sukses menggelar Grand Opening FORKAPAN (Forum Kajian Perempuan). Agenda yang dilaksanakan pada hari Minggu (05/11) di Markaz Syekh Zayyed, Hay Sadis.

Program ini merupakan event berkumpulnya segenap perwakilan delegasi untuk membicarakan tema tertentu sebagai perwajahan atau role model pegiat diskusi. Acara yang resmi dibuka oleh jajaran KBRI ini dihadiri oleh Masisirwati delegasi dari setiap kekeluargaan. Acara yang dimulai dengan grand opening, dilanjutkan diskusi pertama dan kedua dengan tema yang berbeda, dan akan diakhiri dengan closing nantinya dengan harapan dapat memantik semangat berdialektika dalam membangun lingkungan intelektual dan membudayakan trend diskusi di tengah dinamika masisirwati.

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan lantunan ayat suci al- Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Biladi (lagu Negara Mesir). Pada sesi kata sambutan, dipersilahkan ketua panitia, ketua PPMI, Wakil KEDUBES yang disampaikan langsung oleh Bapak M. Zaim A. Nasution, Rektor Azhar tahun 2015-2017 Duktur Ibrahim Shalah al- Hud-Hud, Duktur Said al- Mut’aniy dan Duktur Liwa Usamah.

“Harapan kami semoga dengan adanya Forum Kajian Perempuan ini dapat menciptakan lingkungan intelektual dan meningkatkan minat diskusi dikalangan Masisirwati. Semoga kita semua mendapatkan manfaat dan ilmu dengan mengikuti seluruh rangkaian acara pada hari ini yang dimulai dengan kajian pertama, kedua dan penutupan nantinya.” Ucap Nahdhiya Nabila Izzati selaku ketua panitia.


Atunaa thufuli yang dibawakan sang munsyidah membuat suasana menjadi mellow. Para hadirin ikut serta bernyanyi bersama sambil mengangkat bendera palestina yang disiapkan oleh panitia. Seketika air matang berlinang tak tertahan.

Duktur Ilham Muhammad Syahin selaku Asisten Sekretaris Jendral Majma’ Buhuts al-Islamiyyah bagian Pengembangan Dai Perempuan sebagai pembicara utama hari ini, memaparkan tentang "Peran Imam Ahmad Tayyib dalam menyetarakan derajat perempuan." Dalam materinya, beliau mengatakan bahwa Syekh Imam Ahmad Tayyib yang membukakan pintu untuk para perempuan berkecimpung di Al-Azhar baik sebagai pendidik atau pegawai lainnya.

Acara ini diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh Duktur Ilham Muhammad Syahin dan perfotoan dengan seluruh participant.[]


Reporter: Nisa Kamila
Editor: M. Arief Munandar

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top