104 Warga KMA Diwisudakan di Universitas Al-Azhar, Tiga Diantaranya Mendapat Nilai Terbaik

Sumber : Dokumen Pribadi

Kmamesir.org (13/11/2023) - Perhelatan wisuda lulusan Al-Azhar menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi masisir. Takrim mutakharrijin dan mutafawwiqin yang dirancang langsung oleh Persatuan Pelajaran dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir ini selalu menjadi euforia yang ditunggu-tunggu di setiap tahunnya.

Sebanyak 104 wisudawan Universitas Al-Azhar asal Aceh diwisudakan pada Rabu dan Minggu (8-9/11) di Qa’ah Andalus; Al-Azhar Conference Center, Nasr City, Kairo. Ini merupakan jumlah yang sangat luar biasa mengingat beberapa tahun belakang jumlah wisudawan dan wisudawati tidak mencapai angkat tersebut.

Karena mengingat jumlah lulusan Azhar semakin bertambah setiap, acara tahunan ini tentunya punya konsep yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Wisuda tahun ini dibuat selama dua hari yang turut dihadiri oleh tamu-tamu istimewa, di antaranya Syekh Prof. Salamah Jum’ah Ali Daud selaku Rektor Universitas Al-Azhar, Prof. Dr. Abdul Fattah Al-Awari, Dr (H.C) Luthfi Rauf, MA selaku Dubes RI untuk Mesir. Tak luput juga dihadiri oleh para wisudawan dan wisudawati yang datang dari Indonesia.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 Clt dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Baladi (lagu kebangsaan Mesir). Selanjutnya setelah kata-kata sambutan duta besar (Dubes) RI untuk Mesir.

Dalam kata-kata sambutannya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir Bapak Luthfi Rauf juga mengungkapkan rasa bangga dan bahagia yang tak terhingga atas lulusnya wisudawan dan wisudawati pada hari itu. Beliau juga turut mengingatkan yang mana sarjana bukanlah akhir dari segalanya, melainkan awal dari sebuah perjuangan baru untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah dan cemerlang.

Para wisuda dipanggil satu persatu untuk naik ke panggung untuk menerima piagam penghargaan dan plakat disertai dengan sesi perfotoan.

Acara ini berlangsung secara khidmat dan meriah. Suasana ini dirasakan tak hanya di dalam qa’ah, akan tetapi juga tampak dari luar qa’ah. Karena, setelah semua rangkaian acara wisuda selesai, tampak para mahasiswa Aceh lainya yang telah menunggu para wisuda untuk mengucapkan “Congratulation” sebagai pengganti para orang tua dan sanak family yang jauh dari tanah rantau, sekaligus melakukan foto bersama.


Tgk. Muhammad Sidqi. Lc., selaku ketua KMA juga merasa bangga atas capaian yang mereka raih. sebab, pada tahun ini terdapat 2 orang menggapai mumtaz ma’a martabat syaraf yaitu: Tgk. Filzah Jannati Zainun dan Tgk. Auna Putri dan 1 orang menggapai mumtaz di jenjang magister yaitu: Tgk. T. Ryan Hidayatullah Lc., MA.

“Alhamdulillah tahun ini ada sekitar 104 orang yang wisuda. Saya atas nama pribadi dan mewakili Keluarga Mahasiswa Aceh Mesir mengucapkan rasa syukur dan bangga atas pencapaian para wisudawan/ti KMA tahun ini. Terlebih lagi ada 3 orang yang lulus dengan predikat terbaik; dua orang mumtaz ma’a martabat syaraf dan satu orang mumtaz. Semoga ini menjadi motivasi bagi yang lainnya untuk terus belajar lebih giat dan tahun depan akan lebih banyak lagi yang mendapat predikat mumtaz.” []

Reporter : Muhammad Arief Munandar

Editor : Muhammad Farhan Sufyan

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top