Grand Closing 100 Hari Menggapai Mumtaz; Haba Karab Ujian

Dok. pribadi

Kmamesir.org (03/12/2023) - Pukul 15.00 Clt terdengar suara bercengkrama tawa bersama di Meuligoe Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir. Sore itu tepatnya pada tanggal 30 November 2023, Departemen Pendidikan KMA mengadakan acara closing 100 Hari Menggapai Mumtaz yang diikuti oleh anggota leting Meuseuraya setelah acara pembukaan nya pada bulan Oktober lalu.

Program ini juga mengadakan bimbel kepada anggota Meuseraya untuk memaksimalkan ujian pada termin satu mendatang. Di akhir program, Dep. Pendidikan juga mengadakan Try Out guna untuk mengetahui seberapa efektif agenda yang diadakan ini dan juga untuk menambah semangat mahasiswa dalam mengikuti agenda ini.

Acara dibuka oleh MC Tgk. Rifqi dan dilanjutkan dengan pembacaan kalam wahyu ilahi oleh Tgk. Mikailul kiram. Kemudian dilanjutkan dengan kata-kata sambutan oleh koordinator pendidikan KMA Tgk. Kamal Azhary, dalam hal ini beliau menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan program ini dan juga menjelaskan tujuan serta jenis-jenis kegiatannya, yang telah dibuka pada bulan lalu untuk angkatan Meuseuraya. Sejauh mana sudah mereka untuk menghadapi ujian termin satu mendatang, karena setelah program ini mereka masih mempunyai waktu sebulan lagi untuk mengevaluasi kemampuan mereka. 

Diakhir penyampaian beliau mengatakan “Ini baru tahun pertama kalian, kalau tahun pertama kalian tidak baik, maka dapat dipastikan tahun tahun selanjutnya akan begitu juga. Kami hanya bisa mengatakan belajar, belajar, dan belajar. Sebagaimana orang-orang dahulu mengusahakan program ini berjaln lancar maka kalian juga akan melakukan hal yang sama kedepannya.”


Kemudian giliran Ketua KMA Tgk. Muhammad Sidqi, Lc., untuk menyampaikan kata-kata sambutannya. "Alhamdulillah kita sudah sampai di penghujung program ini. Kalian harus memanfaatkan 4 sampai 5 tahun dengan sebaik-baiknya karena program ini bukanlah yang pertama kalinya, karena sudah banyak alumni dari program ini yang mendapatkan nilai-nilai yang baik hingga predikat mumtaz ma'a martabati al-syaraf. Semoga dapat mengambil ilmu dan pengalaman untuk mempersiapkan kedepannya. Bil imtihan yukrimul mar'u aw yuhaan (dengan ujian kita dimuliakan atau dihinakan). Manfaatkan momen ujian ini untuk naik tingkat, baik sosial maupun intelektual. Nasihat di akhir kalam beliau menegaskan bahwa waspada di musim dingin, tetap jaga kesehatan dan keamanan.”
Tgk. Muzakki Adnan dan Tgk Akhbar Rivaldy saat penyampaian materi

Setelah mendengar beberapa nasihat, sekarang masuklah pada acara inti Grand Closing 100 Hari Menggapai Mumtaz. Di acara ini, terdapat dua pemateri dari senior KMA, Pemateri pertama yaitu Tgk. Muzakki Adnan, Lc., Beliau mengatakan "Al-Azhar ini berbeda dengan universitas pada umumnya yang berada di Indonesia, jadi prestasi yang kita raih disekolah dulu tidak menentukan nasib kita di Azhar. Banyak hal-hal baru yang kita temui di Mesir, baik itu dalam hal materi ataupun suasana. Banyak tantangan materi, suasana, dan mental. Cara antisipanya yaitu dengan cara bersiap-siap. Sebagai tercantum dalam sebuah mahfuzat 'man ‘arafa bu’da asshafar ista’adda' (barang siapa yang mengetahui jauhnya perjalanan maka ia harus bersiap-siap). Harus ada persiapan yang matang, ingat proses itu tidak sebentar. Tingkat satu adalah kunci. Kenali cara belajar kalian masing-masing."

Kemudian dilanjutkan pemateri kedua Tgk. Akhbar rivaldi, Lc., Disela-sela penyampaian memberi nasehat kepada mereka kemanapun kalian pergi bawa buku, buat majelis belajar bareng. Beliau juga menegaskan kembali untuk harus bersiap-siap dalam menghadapi ujian kedepan, sembari menceritakan pengalamannya ketika masih berada di tingkat satu dulunya. Selain usaha juga harus ada do’a, jika usaha adalah perkara yang dhahir, maka do’a adalah perkara yang batin, karena masing-masing dari kita punya perkara rahasia sendiri.

Acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah untuk peraih nilai terbaik di Try Out yang di adakan 2 hari sebelumnya. Peraih nilai terbaik dari laki-laki yaitu Tgk. Nabil Rizki dan dari perempuan Tgk. Siti Najwa Fatia. Acarapun berlanjut hingga pukul 17.00 Clt dan ditutup dengan santapan kolak bersama.[]

Reporter: Muhammad Aris Munandar

Editor: Arief Munandar

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top