Ikut Memeriahkan Cairo Internasional Book Fair, Keluarga Mahasiswa Aceh Mesir Adakan Seminar Perpustakaan dan Rihlah Ma'ridh

Dok. pribadi

Kmamesir.org (8/02/2024) - Ikut andil memeriahkan Cairo Internasional Book Fair (pamera buku internasional), Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir mengadakan seminar dan Rihlah Makridh pada Jum'at (02/02) dan Sabtu (03/02) Februari 2024. Terobosan baru yang digagas Bagian Penelitian Dan Pengembangan (Litbang) KMA, yang mana ditahun sebelumnya hanya mengadakan rihlah ma'ridh tanpa seminar. 

Mengingat dengan adanya mahasiswa baru, yang baru saja telah menyelesaikan rentetan acara ORMABA, maka seminar pustaka dan rihlah ma'ridh kita jadikan momentum pemantik gerak langkah perjalanan mereka menuntut ilmu di Mesir. Terlebih lagi Tgk. Aridho Hidayat Alif, S.PD.I., Dipl yang menjadi pemateri dan pembimbing acara ini. Berlangsung selama dua hari, satu hari seminar yang diadakan di Meuligoa KMA pada tanggal 2 Februari dan dilanjutkan dengan rihlah ma'ridh di hari selanjutnya.

Acara ini bertujuan untuk mengenalkan perpustakaan dan penerbit Mesir maupun internasional yang direkomendasikan untuk dibeli buku-buku dari terbitannya. Memberikan penyuluhan informasi terkait cetakan-cetakan buku terbaik dan semanhaj dengan al-azhar atau tidak berselisih paham. Meskipun substansi penyelenggaraan lebih ditujukan kepada teman-teman mahasiswa baru atau yang masih berada tahun awal. Namun ternyata juga ikut dihadiri oleh kawan-kawan yang sudah senior.

“Suatu kebahagiaan tersendiri bagi kami selaku penyelenggara acara, melihat antusias peserta yang luar biasa, dimana sedari awal kami hanya menaruh estimasi waktu sekitar dua jam kurang lebih, namun masya Allah yang berlangsung di hari H lebih dari empat jam lontaran demi lontaran pertanyaan terus diajukan oleh para peserta. Kami rasa indikasi kesuksesan ini sudah pasti karena kelugasan Tgk. Aridho dalam menyampaikan materi. Memang kedalaman ilmu serta pengalaman beliau dalam bidang literasi tidak diragukan lagi.” Tutur Faiz Akbar selaku ketua Dept. Litbang.

Foto bersama ketika rihlah Ma'ridh

Acara rihlah ma'ridh juga dikoordinir dengan sangat baik, mulai dari akomodasi titik kumpul dan keberangkatan, lalu shalat dzuhur berjamaah, dilanjut dengan perfotoan bersama. Setelah itu, Tgk. Aridho mengajak para peserta berkeliling. Beliau menunjukkan pustaka yang beliau rekomendasikan satu persatu bahkan tak luput jua beliau jelaskan biografi pustaka tersebut dan merekomendasikan buku-buku terbaik terbitan setiap pustaka. 

“Saya senang dengan dunia sejarah dan literasi, saya ingin saudara-saudara juga ikut menyelami literasi sehingga peradaban kita terbangun dari nafas keilmuan.” Ucap Tgk. Aridho.

Kegiatan diakhiri dengan sesi perfotoan bersama dengan membentangkan spanduk kegiatan di depan stand pustaka Al-Azhar. Tercetak senyum sumringah dari wajah teman-teman peserta ketika beranjak pulang dari gedung Cairo Internasional Book Fair sembari menjinjing sekantong buku dikiri dan kanan.

Reporter: Wahyu Hidayatullah

Editor: Muhammad Arief Munandar

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top