Pembukaan dan Seminar Halaqah Quran KMA Mesir 2024

Dok. Pribadi

Kmamesir.org (12/02/2024) - Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir kembali mengadakan pembukaan Halaqah Al-Quran KMA 2024, pada Minggu (11/02) di Meuligoe Aceh. Agenda ini menjadi kegiatan pembuka bagi mahasiswa baru angkatan Saleum.

Diawali dengan pembukaan acara oleh moderator Tgk. Nabil Rizki, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Pendidikan, Ketua KMA Dan Majelis Syura.

Halaqah Al-Quran KMA merupakan program departemen Pendidikan yang dilaksanakan setiap tahunnya khusus mahasiswa baru (MABA). "Harapan kami untuk semua leting saleum semoga bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik dan istiqomah." Ujar Tgk.. Kamal Azhary, selaku Koor. Dept. Pendidikan.

"Kita disini bagaikan sebuah keluarga dibawah naungan KMA Mesir. Oleh karena itu, sudah seyogyanya sebagai keluarga & abang, kami mengarahkan jalan yang baik dan dirihai Allah kepada adik-adik semua. Salah satunya yaitu dengan diadakannya program Halaqah Al-Qur’an KMA. Tanamkan dalam hati niat yang ikhlas dalam belajar Al-Qur’an, kemudian himmah atau semangat yang sungguh-sungguh. Semoga ikhtiar abang-abang kita ini menghasilkan Ahlul Qur’an untuk diri sendiri, keluarga maupun masyarakat nantinya." Ucap Tgk. Zaki Al Jamal, selaku Wakil Majelis Syura.

Kemudian dilanjutkan dengan seminar Halaqah Al-Qur’an yang diampu oleh Tgk. Muhammad Auza’i, Lc., Dipl. Dalam penyampaiannya, beliau mengatakan "Banyak sekali fadhail (kelebihan) dalam belajar Al-Qur’an, diantaranya yang dibahas di hadis dan kitab para ulama seperti kitab Fadhail Quran karya Imam An-Nasa’i, At-Tibyan Fi Adab Hamalat Qur’an, karya Imam An-Nawawi dan masih banyak lainnya."

Baca juga: KMA Adakan ORMABA, Saleum Resmi Dipeusijuk

"Kenapa kita harus belajar bahkan menghafal Al-Quran? Jawabannya adalah karena kita talibul 'ilmu, selayaknya harus ada tadarruj (bertahap). Para ulama sepakat tahapan pertama adalah dengan belajar Al-Qur’an, bahkan Sebagian ulama mengatakan harus menghafalnya. Kebiasaan para ulama salaf tidak mengajarkan ilmu yang lain kepada anak2nya kecuali sudah hafal Al-Quran." Tambah Tgk. Auza'i.

Sebagaimana kata guru kita Syekh Abdul Qadir, “Datangilah ilmu dari pintunya dan pintu ilmu adalah al-quran." Kemudian ada 3 hal kenapa kita harus menghafal Al-Qur’an?

1. Kita di Mesir, pusatnya pengkaji Al-Qur’an, hingga ada ungkapan “Diturunkannya Al-Qur’an di Mekkah, dibacakan di Mesir dan dituliskan di Turki”. Sudah sepantasnya kita tidak membuang kesempatan bagus ini.

2. Karena kita di Al-Azhar; bukanlah seorang azhari jika tidak hafal quran dan sebuah aib bagi masyarakat mesir yang sudah dewasa belum hafal Al-Qur’an.

3. Karena kita di KMA, sudah seharusnya kita mengikuti jalan-jalan yang telah ditentukan oleh para orangtua kita terdahulu.

Setelah serangkaian acara selesai, peserta melantunkan matan tuhfatul athfal secara bersama-sama. Dilanjutkan dengan foto bersama ketua Halaqah KMA beserta staf pengurus, para muqriin, serta seluruh peserta.

Hidangan nasi mandi dari racikan Dept. Kesejahteraan menjadi penutup agenda pembukaan Halaqah Al-Qur’an KMA tahun ini.


Reporter: Taufiqurrahman Samsul Qamal

Editor: Muhammad Arief Munandar

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top