Putra Pidie Meraih Cum Laude di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir

Dok. Pribadi
Kmamesir.org (13/02/2024) - Putra Aceh kembali meraih predikat Mumtaz (cum laude) di Universitas Al-Azhar Kairo, setelah mempertahankan sidang munaqasyahnya. Tgk. Fauzul Akhyar telah berhasil menambahkan dirinya dalam jajaran mahasiswa magister Indonesia, yang meraih predikat Mumtaz di universitas tertua kedua di dunia, pada Senin (12/02).

Menghabiskan masa remajanya di Dayah Jeumala Amal, Lueng Putu, Pidie Jaya. Kemudian pada tahun 2013 melanjutkan pendidikannya di Universitas Al-Azhar Kairo. Hingga kini dengan dukungan doa orang tua dan keyakinan diri, ia berhasil menyelesaikan pendidikannya hingga magister.

Sidang munaqasyah dilaksanakan pada pukul 10.00 Clt sampai selesai, di Auditorium Imam Az-Dzahabiy, Fakultas Ushuluddin, Kairo, Mesir. Juga turut di hadiri oleh sejumlah mahasiswa internasional, Mahasiswa Indonesia khususnya Mahasiswa Aceh serta guru-guru besar di Universitas Al-Azhar turut menyaksikan langsung sidang munaqasyah tersebut.

Selama kurang lebih empat jam Tgk. Fauzul mempertahankan tesisinya yang berjudul:

السيف المسلول في الرد على من خالف سنة الرسول للإمام عبد البر الأجهوري المتوفى ١٠٧٠ هـ من أول مخطوط إلى آخر قسم الإلهيات اللوحة رقم ٥٣ عند قوله [ومنه إرسال جميع الرسل] والغاية ليست داخلة . دراسة و تحقيق

"As Saifu Al Maslul Fi Ar Raddi ‘ala Man Khaalafa Sunnata Ar Rasul karya imam Abdu Al Barr Al Ajhury wafat tahun 1070 Hijriah, dari awal manuskrip sampai akhir pembahasan tentang ketuhanan, Studi Analisis."

Di bawah bimbingan Prof. Dr. Abdullah Muhyi ‘Azb dan Prof. Dr. Jamal Mansur At-Tharbaani. Dan dua penguji, yaitu Prof. Dr. Mabruk Abdul Aziz Abdul Salam dan Prof. Dr. ‘Awwad Mahmud ‘Awwad. Keempatnya merupakan guru besar dalam bidang akidah dan falsafah.


Alf Mubarak kami haturkan kepada Tgk. Fauzul Akhyar yang berhasil mempertahankan tesisnya dan meraih predikat Cum laude. Kami kenal betul sosok Tgk. Fauzul; beliau sangat rajin, disiplin dan berdedikasi tinggi, tak heran jika Dr. Abdullah Muhyi ‘Azb pun ikut memujinya saat sidang berlangsung tadi. Selain ber-talaqqi beliau juga aktif mengajarkan adik-adik kelasnya dalam memahami kitab dan diktat yang diajarkan di Universitas Al-Azhar. Semoga setelah ini akan menyusul lebih banyak lagi mahasiswa magister asal Aceh di Mesir yang siap mengabdi untuk masyarakat dan negeri.” Ujar Ketua KMA, Tgk. Muhammad Sidqi.
Foto bersama Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir

Tgk. fauzul tak lupa mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada setiap peserta, para guru, serta kerabat dan sanak saudara yang telah memberikan support dan bantuan hingga ia dapat menyelesaikan jenjang magister. Ia juga memberikan semangat bagi yang masih belajar di Kairo.

“Alhamdulillah sidang tadi berjalan lancar. Terimakasih kepada gure-gure, teman-teman yg telah membantu, dan kepada peserta yang menyempatkan waktunya untuk hadir. Kepada KMA khususnya, sebagai keluarga kami disini, dan tak lupa juga kepada adik-adik yang telah membantu mengurus berbagai persiapan sebelum sidang. Pesan kami kepada yang masih belajar di Mesir, agar semangat belajar, dan jangan berpuas dengan S1 saja, tapi ambil ilmu di Al-Azhar semaksimal dan sebanyak mungkin selama masih ada waktu, dan melanjutkan ke jenjang berikutnya, S2 maupun S3.”[]

Kmamesir.org mengucapkan selamat untuk guru kami Tgk. Fauzul Akhyar, Lc., MA. yang telah menyelesaikan studi magisternya di bidang ilmu Aqidah dan Falsafah. Sangat layak predikat mumtaz ini disematkan. Harapan kami semoga ini menjadi pengingat kesekian kalinya bagi generasi muda untuk terus mengejar ilmu lewat pendidikan yang layak. Aceh saat ini membutuhkan orang-orang yang berkualitas, untuk sama-sama kita bangun Aceh ke arah yang lebih cerah.

Reporter: Muhammad Arief Munandar

Editor: Taufiqurrahman Samsul Qamal

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top