Friday, December 4, 2020

5 Asupan Yang Dapat Membantu Proses Menghafal Al-Quran

Oleh: Marlina Sukmawati*
(source photo: pexels.com)

Makanan adalah sumber nutrisi bagi makhluk hidup yang diolah menjadi energi untuk memperlancar aktivitas makhluk hidup. Kandungan gizi dan protein tertentu yang ada pada makanan tentunya mampu membantu meningkatkan kecerdasan dan kematangan otak. 

Dalam kitab "Dalilu 'ibadirrahmani ila hifdzil Qur'an" karya Khalid Abul Wafa, Para ulama mengatakan terdapat beberapa makanan di bawah ini dan dengan pertolongan Allah yang maha kuasa dapat membantu proses Tullab dalam menghafal al-Qur'an . 

1. Madu 


Madu merupakan cairan alami pilihan bersumber dari nektar bunga yang dihasilkan oleh sekelompok lebah  berbentuk cairan kental (gula invert). Diyakini memberikan banyak manfaat, baik untuk kesehatan, kecantikan maupun kepekaan otak.

Az-Zuhri berkata kepada anaknya Juraij: "Konsumsilah bagimu madu, sesungguhnya madu bagus untuk membantu dalam menghafal."
 

2. Susu Sapi 

Selain bagus untuk kesehatan tubuh dan membantu pertumbuhan gigi dan tulang, ternyata susu sapi murni juga mampu menghilangkan lupa.

Seorang laki-laki mengadu kepada Ali bin Abi Thalib R.A. atas banyaknya ia lupa. Maka Ali bin Abi Thalib R.A. berkata: "Hendaknya kamu meminum susu sapi sesungguhnya ia dapat membesarkan hati dan menghilangkan lupa." 


3. Kismis 

Kismis berasal dari buah anggur yang sengaja dikeringkan ini memiliki tiga jenis varian; Raisin; berwarna hitam dengan kualitas tergolong paling rendah dari yang lainnya,  Currant; mempunyai warna lebih terang kualitas berada pada posisi tengah. Sultana; berwarna emas kuning dan kehijau-hijauan, mempunyai kualitas paling istimewa. 

Sebagaimana yang telah disebutkan oleh imam Ibnul Qayyim bahwasannya kismis (zabib) adalah asupan makanan bergizi yang dapat mengkonsolidasikan lambung dan membantu dalam proses menghafal. 


4. Siwak 
manfasat siwak atau miswak untuk kesehatan gigi dan mulut memang sudah tidak diragukan lagi, Dapat membuat nafas segar sehingga menambah kekhusyukan dalam melantunkan ayat suci Al-Quran, serta mendatangkan ridha Allah dalam memudahkan menghafal Kalam-Nya.

Beberapa manfaat lainnya dari bersiwak adalah dapat mengharumkan bau mulut, menghentikan dahak, memfilter suara, dan mengusir kantuk. Rasulullah Saw. Bersabda: "Bersiwak dapat mensucikan mulut dan mendatangkan ridha Allah Swt." H.R. An Nasa'i No. 5. 



5. Meminum air zamzam dengan niat untuk menghapal. 


Dari Ali R.A. Rasulullah Saw bersabda: "Air zamzam adalah perasa dan obat untuk penyakit". Banyak dari para pendahulu yang shalih meminum air zamzam dengan berbagai niat, dan Allah yang maha kuasa menjawabnya. 

Oleh sebab itu meminum air zamzam dengan niat untuk menghafal patut diikhtiarkan dengan mengikuti para alim ulama terdahulu dalam beramal.

Itulah 5 asupan yang direkomendasikan para ulama. Semoga dapat membantu dalam proses menghapal kitabullah dan berbagai macam ilmu, serta tidak lupa dibarengi dengan azzam dan tekad yang kuat.[]



*Penulis merupakan mahasiswi jurusan Syariah Islamiyah Universitas Al-Azhar, Kairo.
Editor: Teuku Rizki Maulana Utama


Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: 5 Asupan Yang Dapat Membantu Proses Menghafal Al-Quran Rating: 5 Reviewed By: kmamesir