Friday, April 23, 2021

Sempat Vakum, Departemen Litbang KMA Kembali Adakan Zawiyah

Pemateri Zawiyah oleh Mursalin, Lc.,Dipl. (kiri) dan Moderator. (dok.kmamesir.org)

Kmamesir.org (23/04/21). Departemen Penelitian dan Pengembangan Keluarga Mahasiswa Aceh (Litbang KMA) kembali mengadakan Zawiyah pada hari Selasa (20/04) di Meuligoe Aceh setelah sempat vakum disebabkan oleh beberapa hal seperti pandemi.

Zawiyah merupakan sebuah forum diskusi ilmiah, bertujuan untuk menyusun makalah dan membangun ruang diskusi antar sesama. Forum ini terdiri dari moderator, pemateri tunggal, panelis, dan audiens. Bahan makalah disiapkan oleh pemateri untuk dipaparkan kemudian. Agenda ini bersifat diskusi dan tanya jawab, serta penyusunan makalah kembali. Peserta diramaikan oleh mahasiswa pascasarjana dan sarjana.

Baca juga: Mahasiswa Aceh di Mesir Kembali Khatamkan Kitab Turats Syarh al-Jauhar al-Maknun

Bersamaan dengan bulan Ramadan diskusi pada kesempatan kali ini mengangkat tema “Maqashid Ibadah Puasa dalam Perspektif Ulama Maqashidiy dan Neurologis”. Bersama pemateri Mursalin, Lc.,Dipl. dan dimoderatori langsung oleh ketua zawiyah, Muhammad Aditya Wirawan, Lc., Dipl.

Para audiens Zawiyah, (dok.kmamesir.org)

Mursalin memaparkan bagaimana maqashid puasa menurut sudut pandang ulama Maqasishidiy yang dikonsepkan oleh Imam asy-Syatibi pada abad ke-8 dalam kitab “Al-Muwafaqat”. Juga dalam pandangan ulama Neurologis atau ilmu Saraf, yang mana mereka sangat menganjurkan untuk berpuasa. Karena konsep memperbaiki otak tidak cukup sehari. Maka dari itu, Ramadan bulan yang sangat tepat untuk merubah habit, dan memperbaharui sistem kerja otak.

Baca juga: Temukan Harta Karun Nusantara di Mesir, PMIK dan Pojok Peradaban Gelar Pameran Jejak Ulama Jawi

Fikri Aslami, Lc selaku ketua KMA berharap agar zawiyah terus berlanjut, "Semoga ini menjadi pembuka dan kembali mengaktifkan, benar-benar aktif, bukan sebentar hidup sebentar mati dan berjalan sebagaimana mestinya."[]

 

Reporter: Ulinnuha Sa'dan
Editor: Teuku Rizki Maulana Utama
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Sempat Vakum, Departemen Litbang KMA Kembali Adakan Zawiyah Rating: 5 Reviewed By: kmamesir