Tetap Solid di Tengah Kesibukan

Oleh: Salsabila Ulfa*
Sumber gambar: Filmdienst
Padatnya aktivitas membuat sebagian dari kita terlalu fokus dalam mengisi berbagai kegiatan yang dimiliki, sehingga tak jarang kita temukan kurangnya bentuk solidaritas antara individu satu dengan yang lainnya. Kita sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan antara sesama, perlu menumbuhkan sikap kerukunan yang kuat, eratnya keakuran kita dapat merasakan hal yang senasib dengan orang lain.

Solidaritas adalah sifat yang dimiliki oleh manusia dengan ungkapan perasaan, karena mempunyai rasa senasib dan kepedulian terhadap orang lain. Bagaimana sih cara kita agar tetap menanamkan bentuk solidaritas yang tinggi di tengah mengisi berbagai kesibukan? Yuk disimak tips di bawah ini:
  • Merasa Sepenanggungan
Pada dasarnya rasa sepenanggungan adalah sifat alami yang dimiliki oleh manusia sebagai makhluk sosial. Memiliki sikap ini akan terbentuknya kesatuan dalam berinteraksi, sebagaimana pahlawan dahulu yang memiliki rasa senasib dan seperjuangan untuk membentuk negara yang makmur.
  • Memiliki Rasa Empati
Kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain dan juga membayangkan diri sendiri berada pada posisi orang tersebut. Memiliki rasa empati, berdasarkan pada bentuk kepedulian terhadap orang lain. Empati memainkan peran penting dalam menjaga hubungan antara sesama manusia.

  • Menumbuhkan Rasa Persatuan
Dalam menjalankan interaksi terhadap manusia satu dengan manusia yang lainnya, penting bagi kita untuk tetap mempertahankan persatuan meski terdapat sebuah perbedaan, dengan hal ini kita bisa menciptakan rasa toleransi dan sikap tenggang rasa untuk membentuk kehidupan yang damai dan sejahtera. Rasa persatuan ini dapat dilakukan dengan cara saling tolong menolong satu sama lain.
  • Tidak Terlalu Berlebihan
Kita boleh berinteraksi baik terhadap sesama, namun juga ada batasan dalam bertindak. Tidak semua yang baik jika dilakukan berlebihan itu akan berdampak baik, sikap terlalu berlebihan juga akan menggangu kenyamanan orang lain, bahkan bisa terjadi konflik sosial dalam masyarakat.
  • Menjalin Silaturahmi
Silaturahmi adalah hal yang sering dilakukan oleh setiap muslim untuk menjalin tali persaudaraan, hal ini guna untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. juga untuk memperkuat hubungan antara sesama.

Keutamaan silaturahmi adalah salah satu cara untuk mempermudahkan rezeki dan memanjangkan umur. Sebagaimana Hadist Nabi Saw.: "Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi," (HR. Bukhari-Muslim).

Manfaat silaturahmi ini tidak hanya memperoleh manfaat di dunia tetapi juga untuk kebaikan di akhirat kelak. Menjalin silaturrahmi dapat dilakukan melalui media komunikasi, agar tetap terjalin hubungan antara jarak jauh. Jangan biarkan kesibukan merusak indahnya persaudaraan kita, semoga kita tetap terus menjaga solidaritas antara sesama.

*Penulis merupakan mahasiswi Universitas Al-Azhar - Kairo
Editor: Syafri Al Hafidzullah

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top