KMA Adakan Ormaba, Seulanga Resmi di Peusijuek

Sumber: Dok. KMA
Kmamesir.org (25/2). Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir mengadakan Orientasi Mahasiswa Baru (ORMABA) selama dua hari, dimulai pada Selasa (22/2) di Meuligoe KMA dan hari kedua pada Rabu (23/2) di Hadiqah Dauliyah, Hay Sabi'. Acara ini juga sekaligus menjadi momen peresmian serta pemilihan ketua serta nama angkatan mahasiswa Aceh baru kedatangan 2021.

Acara yang rutin setiap setahun sekali ini diselenggarakan oleh KMA Mesir tersebut bertujuan untuk menyampaikan segala informasi hal penting yang dibutuhkan bagi mahasiswa baru, mengenalkan lembaga-lembaga yang ada di Mesir serta menimbulkan rasa jiwa penuntut ilmu, kemudian memberikan beberapa materi dasar sebagai bekal bagi mereka untuk menjalani kehidupan di Mesir kemudian hari.

Materi sesi pertama yang diberikan pada hari pertama pelaksanaan diawali dengan "Kemesiran" yang disampaikan oleh Tgk. Azwani, Lc., Dipl., kemudian "Keazharan" oleh Tgk. Aditya Wirawan, Lc., Dipl., Dilanjutkan sesi kedua tentang "Ke-KMA-an" yang disampaikan langsung oleh ketua KMA, Tgk. Muhammad Syukran, Lc., dan "Pengenalan Media" mulai dari Website kmamesir.org, buletin el-Asyi, YouTube KMA Tv, dan Sekolah Menulis serta pengurusan visa izin tinggal. Sementara di sesi akhir, materi seputar "Ke-PPMI-an", Dewan Keamanan dan Ketertiban Mahasiswa (DKKM), dan Komisi Peduli Interaksi (KPI). Sebagai penutup acara, semua peserta tampak antusias menonton bersama video kata sambutan dari Syekh Zakarya Marzuq.

(Hari pertama ORMABA)
Sumber: Dok. KMA

Acara kali ini tampak berbeda walaupun waktu pelaksanaannya tetap berlangsung selama dua hari yang di mana kegiatan pada hari kedua berada di luar ruangan, yaitu di taman. Ketepatan waktu peserta merupakan apresiasi sebesar-besarnya, karena acara dapat berjalan sesuai dengan waktu dan rangkaian jadwal dalam tentatifnya. Kegiatan yang pertama kalinya dilaksanakan secara outdoor ini, bukan sebagai acara hura-hura tapi sebagai tadabur alam dan tetap menjaga batasan antar ikhwan dan akhwat. Begitulah yang disampaikan oleh ketua pelaksana outdoor, Tgk Ali Alfata.

Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan sesama mahasiswa baru (Maba) dan perkenalan anggota Badan Pengurus Harian (BPH) KMA. Usai itu, antar ikhwan dan akhwat dipisahkan untuk kegiatan bermain game yang menyenangkan. Di sela-sela waktu itu pula beberapa utusan dari IKAT sekaligus pembimbing keberangkatan Maba, menyempatkan diri berhadir untuk memberikan beberapa nasihat dan motivasi sebelum pulang kembali ke tanah air.

(Hari kedua ORMABA)
Sumber: Dok. KMA
Acara akhir dilanjutkan dengan pemilihan ketua dan nama angkatan mahasiswa baru. Dalam kegiatan tersebut, "Seulanga" resmi menjadi pilihan terbanyak sebagai nama angkatan mahasiswa baru Aceh kedatangan tahun 2021. Kegiatan pun ditutup dengan berfoto serta makan bersama.[]

Reporter: M. Farhan Sufyan
Editor: Syafri Al Hafidzullah

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top