Kamis, 05 Mei 2022

Rangkaian Meriah Perayaan Halal Bihalal KMA Mesir

Sumber: Dok. KMA
(Foto Tgk. Husni Nazir, Lc. sedang menyampaikan tausiah)
Kmamesir.org (5/5/22) - Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri tahun 1443 H, Keluarga Mahasiswa Aceh-Mesir merayakan Halal Bihalal pada Rabu (4/5) pukul 15.00 Clt, berlokasi di Meuligoe KMA. Acara ini merupakan agenda tahunan yang wajib dihadiri oleh seluruh warga Aceh yang berada di Mesir guna mempererat silaturahmi.

Rangkaian kegiatan pada perayaan ini meliputi takbir bersama, tausiah Idul Fitri, kemudian sosialisasi Majelis Syura, penampilan nasyid dan selawat, lalu pengumuman penghargaan sagoe terbaik, serta acara ditutup dengan saling bersalaman dan jamuan hari raya. Meskipun berada di tanah rantau, dengan adanya Halal Bihalal menjadikan Idul Fitri seperti suasana di kampung halaman.

Tgk. Husni Nazir, Lc., Dipl. selaku penceramah handal ditunjukan sebagai pengisi tausiah pada acara tersebut, dengan mengangkat tema "Pentingnya Silaturahmi".

"Sejak awal-awal Islam lahir, Rasulullah telah sudah dahulu diperintahkan bersilaturahmi. Keimanan dan silaturahmi merupakan dua hal yang sering dikaitkan dalam sebuah Hadis: 'Barang siapa beriman kepada Allah dan Hari Kiamat, maka hendaklah bersilaturahmi', ini mengisyaratkan seakan-akan bahwa tanda orang beriman itu adalah saling menyambung silaturahmi," tutur sang penceramah asal Aceh Besar tersebut.


Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi Majelis Syura yang diwakili oleh Tgk. Thaiburrifqi, Lc., Dipl. Pada kesempatan tersebut beliau mengingatkan kembali kepada masyarakat Aceh mengenai jati diri selaku orang Aceh dan Azhari.
Sumber: Dok. KMA
(Foto Tgk. Thaiburrifqi, Lc. menyampaikan sosialisasi Majelis Syura)
"Kita ini orang, katanya 'Aceh bangsa teuleubeh ateuh rung donya'. Maka kita harus menjunjung tinggi norma-norma orang Aceh."

"Azhar dan KMA merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan, ketika saya ada di KMA saya melihat di sana ada Azhar. Ketika berada di Azhar, saya melihat di sana ada orang Aceh," tegas mahasiswa pascasarjana itu.

Setelah mendapatkan kalam hikmah dari kedua guru hebat, tentatif acara dilanjutkan dengan pengumuman penghargaan Sagoe Terbaik oleh Wali Meuligoe, Tgk. Ziad Matsyah. Ada dua kawasan yang dinobatkan sebagai peraih penghargaan Sagoe Terbaik, yaitu Rumah Bukhari yang berasal dari area Madinat Nasr dan Rumah Mathariyah area Metro.
Sumber: Dok. KMA
(Foto warga KMA saling bersalaman)
Di penghujung acara, para tamu dihidangkan jamuan makan malam dengan menu mie bakso ala koki KMA. Tak lupa sebelum beranjak pulang para hadirin berjabat tangan saling memaafkan.[]


Reporter: Muhammad Dany
Editor: Syafri Al Hafidzullah
Badan Takaful Aceh


Tidak ada komentar:

Item Reviewed: Rangkaian Meriah Perayaan Halal Bihalal KMA Mesir Rating: 5 Reviewed By: kmamesir