1101 Pelajar Indonesia Diwisuda di Mesir, KBRI: Terima Kasih Al-Azhar

(Sumber: Dok KBRI)
Kmamesir.org (10/11/2023) Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) kembali mengadakan acara wisuda untuk pelajar Indonesia yang telah menyelasaikan strata sarjana (S1), magister (S2) maupun Program doktor (S3). Dibandingkan tahun lalu, jumlah peserta wisuda tahun ini pun meningkat yaitu 1101 mahasiswa yang terdiri dari 1095 mahasiswa S1, 5 mahasiswa S2 dan 1 mahasiswa program doktor S3.

Acara tahunan ini diadakan di Al-Azhar Conference Center (ACC) yang bertempat di Rab’ah, Nasr City, Kairo. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh para tamu undangan, diantaranya, Dubes RI untuk Mesir Dr. (H.C.) Lutfi Rauf, M.A, Rektor Universitas Al-Azhar, Prof. Dr. Salamah Jum’ah Ali Daud, Syekh Abdul Fattah Al-Awwari, Dr. Bambang Suryadi serta para masyaikh azhar lainnya. Juga turut dihadiri oleh para keluarga beberapa wisudawan dan wisudawati yang datang dari Indonesia.

Karena terbatas tempat, panitia wisuda berinisiatif mengadakan acara dengan konsep yang berbeda. pada tahun ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu 8-9 November. Terhitung hari pertama wisuda berjumlah 547 wisudawan/wisudawati dari fakultas ushuluddin, Kemudian dilanjutkan di hari keduanya dengan total 557 wisudawan dan wisudawati dari fakultas Syariah wa qanun, dirasat islamiyyah, Humaniora, psikologi, perdagangan dan lain-lain.

Dalam sambutannya, Dr. (H.C) Lutfi Rauf mengatakan "Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Universitas Al-Azhar yang telah menerima dan mendidik mahasiswa asing dari 100 negara khususnya mahasiswa Indonesia dengan penuh totalitas." 
Dok.KBRI
Beliau juga sedikit menyinggung tentang keadaan umat islam yang ada di Palestina. "Al-Azhar bersama pemerintah Mesir senantiasa berperan aktif dan berada di garda terdepan memperjuangkan hak-hak kemerdekaan dan menyalurkan bantuan kemanusian bagi saudara kita di Palestina.

Terakhir beliau berharap dan berpesan kepada semua wisudawan/wati, "Wisuda ini bukanlah akhir dari proses dalam menuntut ilmu. Akan tetapi wisuda ini adalah awal dari perjuangan dalam membangun peradaban dimanapun kalian berada. Maka dimanapun bumi kalian berpijak disitulah anda bertanggung jawab menyebarkan ajaran islam sesuai manhaj azhar yang moderat dan juga sebagai duta azhar harus menjaga nama baik dan citra dari Al-Azhar sendiri."


Prof. Dr. Salamah Jum’ah Ali Daud dalam sambutannya menyampaikan "Grand Syekh Al-Azhar Dr. Ahmad Tayyib sangat menaruh perhatian lebih kepada wafidin (mahasiswa asing), karena merekalah yang akan menjadi duta Al-Azhar untuk negaranya dan senantiasa menjadi perwakilan Al-Azhar untuk memperkenalkan manhaj Al-Azhar kepada dunia."

Selain itu, beliau juga menyinggung peristiwa yang terjadi di negara Palestina "Saya berduka cita terhadap saudara kita di Palestina yang ditimpa kejahatan & kekejian yang dilakukan oleh zionis tanpa peduli dengan hak-hak mereka dan rasa kemanusiaan, mereka tidak memperhatikan hak-hak anak kecil, orangtua, wanita dan lain-lain. Kita doakan bersama agar saudara kita di Palestina segera memperoleh kemerdekaan dan mendapatkan lagi hak-hak kemanusian mereka."

Terakhir beliau juga menyampaikan rasa senang dan bahagia atas kelulusan para pelajar Indonesia di Al-Azhar. "Seperti kata Rasulullah Saw: "Kebahagiaan bagi orang yang berpuasa adalah disaat berbuka", maka sama halnya juga hari ini kebahagiaan para mahasiswa adalah di hari kelulusan mereka, Selamat mengembankan amanah sebagai perwakilan Al-Azhar untuk menyampaikan risalahnya kepada seluruh dunia."[]

Kami dari segenap kru website kmamesir.org menyampaikan selamat atas kelulusan para pelajar Indonesia semuanya. Semoga ilmunya bermanfaat  bagi semuanya dan selamat mengabdi untuk tanah air Indonesia yang kita cintai.


Reporter: Taufiqurrahman Samsul Qamal
Editor: M. Arief Munandar

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top