Mendekati Ujian Termin Satu, PPMI dan FORSEMA Adakan Grand Try Out

Dok. panitia
Kmamesir.org (29/11/2023) - Persatuan Pelajar dan Mahsiswa Indonesia (PPMI) Mesir bekerjasama dengan FORSEMA mengadakan Grand Try Out dan simulasi ujian di Al-Azhar untuk mahasiswa tingkat satu  pada Selasa (28/11) di beberapa aula kekeluargaan mahasiswa Indonesia yang ada di Mesir.

Grand Try Out ini merupakan salah satu program Menko 1 PPMI Mesir bekerja sama dengan seluruh senat mahasiswa, mulai dari Senat Fakultas Ushuluddin, Senat Fakultas Bahasa Arab, Senat Fakultas Dirasat Islamiyah, serta Senat Fakultas Syariah Islamiyah dengan hanya beberapa mata kuliah yang diujikan. GTO ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Indonesia, tetapi mahasiwa Malaysia dan Thailand pun ikut meramaikan.

Acara diawali dengan pembukaan dari MC, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur’an, dan kata-kata sambutan dari ketua panitia, ketua senat dan perwakilan dari PPMI. Setelah rangkaian pembukaan selesai, langsung dilanjutkan dengan pembagian kertas soal dan jawaban. Sebelum itu, para peserta diajarkan bagaimana cara mengisi bayanat yang benar, agar tidak terjadi kesalahan saat ujian termin nanti. Peserta mempunyai waktu 90 menit untuk menjawab soal.


Setelah maddah (pelajaran) pertama selesai dikerjakan, panitia memberi waktu 30 menit untuk isoma dan mengulang materi untuk pelajaran selanjutnya. Sambil menikmati konsumsi yang dibagikan panitia, para pembuat soal langsung mengoreksi jawaban yang telah dikumpulkan.

Maddah kedua juga diberikan waktu 90 menit untuk mejawab soal. Setelahnya, peserta menunaikan ibadah salat Maghrib sembari menunggu maddah kedua diperiksa oleh pengoreksi. Tidak hanya menjawab soal, para mahasiswa yang mengikuti GTO ini pun langsung mendapatkan pengoreksian jawaban dari pembuat soal dan tips-tips yang sangat bermanfaat untuk ujian nanti. Peserta juga langsung mendapatkan nilai atas lembaran jawaban yang mereka kumpulkan sebelumnya.

“GTO merupakan kerja sama antara PPMI, FORSEMA, dan kekeluargaan terkait. Terselanggaranya acara ini sangatlah bermanfaat karena memberi gambaran yang baik bagi mahasiswa baru tentang bagaimana ujian di Universitas Al Azhar, Cairo. Para mahasiswa diajarkan cara mengisi bayanat dengan baik, memahami soal itu seperti apa, serta di akhir acara mereka juga diberikan jawaban dari soal yang diujikan. Semoga semua yang mengikuti Grand Try Out ini dapat mengambil pelajaran untuk ujian kedepannya.” Ucap ketua panitia Senat FBA.[]

Reporter: Nisa Kamila

Edior: Muhammad Arief Munandar







Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top