Berawal dari Cita, RBSA Kembali Gelar Wisuda Akbar Angkatan Dua Ikhwan dan Angkatan Pertama Akhawat

Dok. pribadi

Kmamesir.org (05/12/2023) - Rumoh Beut Sahah Aceh (RBSA) kembali mengadakan wisuda akbar pada Sabtu (2/12) di Meuligoe Aceh tercinta. 

Acara tersebut digelar sebagai tanda telah menamatkan program belajar di Rumoh Beut selama satu tahun. Sebanyak 18 orang berhasil diwisudakan dengan rincian; (9) orang wisudawan: Tgk. Kamal Azhary, Tgk. Hanif Maulana, Tgk. Reza Bondar, Tgk. Ammar Al Hafizh, Tgk. Jihad Ashiddienqy, Tgk. Zaki Mubarak, Tgk Raisul Aziz, Tgk. Muhammad Ali, Tgk. Habibillah dan (9) orang dari wisudawati: Tgk. Wilda Isnaini, Tgk. Munira Aulia Rasyid, Tgk. Sarah Ramadhani, Tgk. Dhia Inayatussabila, Tgk. Fadhila Talia Salsabila, Tgk. Nurul Zuhaira, Tgk. Izzatun Nabila, Tgk. Siti Rahmah, Tgk. Dian Fadhila.

Acara di mulai dengan demonstrasi Matan Sullam oleh para wisudawan, lalu dibuka oleh MC, Tgk. Kamil Baba serta rangkaian kata sambutan dari ketua panitia Tgk. Ziaurrahman, Lc., dan seterusnya. Turut berhadir pula ureung tuha KMA, majlis syura, mudir, ketua KMA, Dept. Pendidikan, pengajar dan segenap pengurus RBSA.

Rumoh Beut yang berada di bawah naungan Dept. Pendidikan juga mengundang Ustaz Muhammad Azwar Anas, Lc., Dipl. sebagai tamu istimewa untuk memberi taujihat wa irsyadat kepada para wisudawan. Diantara nasihat beliau, "Saya sangat senang dengan adanya rumah-rumah binaan seperti ini, salah satunya Rumoh Beut. Sehingga bisa terus meningkatkan keilmuan kita di Mesir ini. Dikarenakan waktu yang kita punya di Mesir ini sangat singkat, maka perlu kita perhatikan muyul atau kecondongan kita kemana, sehingga bisa cepat sampai ke tujuan tanpa membuang-buang waktu."

Kemudian dipersilahkan sepatah dua kata dari perwakilan wisudawan, Tgk. Jihad Ash-Shiddienqy di depan semua hadirin “Ucapan terima kasih banyak kami haturkan terutama kepada seluruh pengajar yang telah meluangkan waktunya mengajarkan kami, juga kepada seluruh pengurus RBSA. Semoga Allah membalasnya dengan sebaik-baik balasan."


Disusul perwakilan wisudawati Tgk. Sarah Ramadhani, Lc., “Dari awal program kami selalu diingatkan bahwa rumoh beut ini adalah proses awal dalam perjalanan kami menuntut ilmu, jadikan ia wasilah dalam menyelami luasnya ilmu di Mesir ini.”

Dalam rangkaian acara, Para Wisudawan diuji dengan pertanyaan dari kitab yang sudah mereka pelajari dan diuji langsung oleh tiga penguji yaitu: Tgk. Muhammad Gia Nabila, Lc., penguji kitab Al-Jurumiyah, Tgk. Izdihar, Lc., kitab Sullam dan Tgk. Auzai, Lc., kitab Mustholahul Hadist. Sedangkan wisudawati diuji oleh Tgk. Rahmiatul Aini, Lc., seputar Qiraatul Kutub.

Acara berjalan khidmat sambil mendengarkan nasehat dari ureung tuha KMA dan para senior yang ikut memikirkan awal berdirinya Rumoh Beut, seperti yang Tgk. Thaiburrifqi Ananda, Lc., Dipl. Katakan "Inilah usaha-usaha orang-orang terdahulu dan kita sekarang sudah merasakan nikmatnya. Sudah sepatutnya kita bersyukur." Seperti selogan yang sering dibilang, “Budaya baik harus dilestarikan” begitu pula harapannya agar Rumoh Beut tetap eksis kedepannya mendidik lebih banyak calon ulama.

Prosesi Wisuda dilanjutkan dengan peusijuk dan penyerahan bingkisan serta penghargaan kepada wisudawan dan wisudawati teladan yaitu: Tgk Hanif Maulana dan Tgk Wilda Isnaini. Kemudian serah terima jabatan Mudir RBSA dan sambutan Mudir baru. Lalu ditutup dengan doa.[]


Reporter: Fadhila Talia Salsabila

Editor: Muhammad Arief Munandar





















Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top