Keputrian KMA Adakan Training of Trainer Haji dan Umrah

Dok. Pribadi
Kmamesir.org (24/02/2024) - Departemen Keputrian Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir sukses mengadakan Training of Trainer (TOT) Haji dan Umrah, pada Kamis (22/02) di Meuligoe KMA. Agenda ini merupakan acara perdana yang diadakan oleh KMA, sekaligus momen yang tepat untuk launching buku Panduan Praktis Manasik Haji dan Umrah, yang mulai disusun sejak masa bakti keputrian tahun lalu. Pada kesempatan kali ini, Tgk. Ernita Hasan, Lc. Dipl. dipercayai menjadi pengisi acara.

Acara ini diawali dengan pembukaan acara oleh moderator, Tgk. Nurul Zuhaira, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, oleh Tgk. Zarvia Lil ‘Aunillah. Kemudian penyampaian kata sambutan oleh ketua keputrian, Tgk. Wilda Isnaini, disusul kata sambutan oleh ketua panitia, Tgk. Intan Maghfirah.

Sejurus kemudian, acara diambil alih oleh pemateri, Tgk. Ernita. Beliau merupakan senior KMA yang sangat mumpuni dalam bidang ini, serta punya pengalaman yang baik dan pelaksaan haji dan umrah. Para hadirin yang memenuhi ruang meuligoe  diperkirakan sekitar 52 orang, terdiri dari anggota putroe KMA dan non-KMA. Seluruhnya menyimak dengan seksama dan penuh antusias. Sampai tiba waktu shalat asar, acara pun diistirahatkan dan hadirin melaksanakan shalat berjamaah.

Baca Juga: KMA Adakan ORMABA, Saleum Resmi Dipeusijuk

Dilanjutkan dengan sesi kedua, yaitu praktik haji dan umrah. Dengan miniatur ka'bah yang dipersiapkan oleh panitia, para hadirin dipandu oleh pemateri mempraktekkan thawaf beserta doa dan zikirnya, demikian pula serangkaian rukun lainnya.

Agenda ini diharapkan dapat membekali para mahasiswi dalam menguasai praktek amalan haji dan umrah, serta mengajarkannya kembali kepada yang lain. Melihat urgensitas ibadah tersebut bagi umat Islam secara umum. Apalagi, dalam beberapa waktu ini, antusias mahasiswi Indonesia di Mesir sangat tinggi untuk menunaikan ibadah umrah maupun haji, dan minimnya pelatihan khusus dalam hal tersebut.

Mengutip nasehat dari Tgk. Ernita, “Ada baiknya mulai dari saat ini kita sudah berniat untuk melaksanakan haji dan umrah. Karena mereka yang bisa tiba di tanah suci, bukanlah mereka yang kaya, bukan mereka yang banyak uang. Melainkan mereka yang mempunyai azam yang kuat. Maka dengan izin Allah Swt. akan dipermudahkan. Karena mereka yang melaksanakan haji dan umrah adalah tamu -tamu Allah Swt.”

Acara ini selesai menjelang shalat magrib. Ditutup oleh moderator,  kemudian pengambilan foto bersama. Para peserta pun menikmati hidangan konsumsi yang disediakan panitia.

Reporter: Siti Humaira

Editor: Muhammad Arief Munandar


Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top