KMA Adakan ORMABA, Saleum Resmi Dipeusijuk

Foto bersama angkatan Saleum. (Dok. pribadi)
Kmamesir.org (02/02/2024) - Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir Kembali adakan Orientasi Mahasiswa Baru (ORMABA) kedatangan 2023 yang berlansung selama dua hari pada Rabu (31/1) dan Kamis (1/2) 2024. Agenda ini sekaligus menjadi momen peresmian serta pemilihan ketua dan nama angkatan mahasiswa baru.

Acara yang diprakarsai oleh bagian pendidikan ini rutin diselenggarakan setiap tahun. Tak lupa bagian lain juga diikutsertakan dalam acara tersebut, seperti kesejahteraan, kesenian dan publikasi. Acara ini bertujuan untuk menyampaikan segala hal penting yang dibutuhkan mahasiswa baru, diantaranya mengenalkan lembaga-lembaga yang ada di KMA Mesir serta menjalin silaturrahmi antara mahasiswa itu sendiri. Selain itu, acara ini juga berisi beberapa materi dasar sebagai bekal bagi mereka dalam menjalani kehidupan di Mesir kemudian hari.

Para mahasiswa sangat antusias dalam kegiatan ormaba kali ini, apalagi disuguhkan video sambutan dari alumni KMA, yaitu Dr. Amri Fatmi Lc., Ma., dan Ust Hanan Attaki, Lc.

Materi yang diberikan pada hari pertama ormaba diawali dengan Keazharan yang disampaikan oleh Tgk. Irwansyah, Lc., Dipl., kemudian Kemesiran & Keacehan oleh Tgk. Zaki Al Jamal, Lc., Dipl., dilanjutkan dengan materi ke-KMA-an oleh Tgk. Muhammad Sidqi, Lc., selaku ketua KMA. Terakhir sosialisasi Intif oleh Mandub KMA. Keempat materi tersebut merupakan identitas utama mereka selama berada di Mesir.

Pada hari kedua, materi dilanjutkan dengan pengenalan media dan lembaga yang ada di bawah naungan KMA, diantaranya; Rumoh Beut Sahah Aceh (RBSA), Halaqah Alquran KMA, Website Kmamesir.org, Buletin El-Asyi, KMA TV, Safara Store, Sekolah Menulis, ITPRO KMA, Badan Takaful Aceh (BTA) dan terakhir Sanggar Aneuk Nanggroe (SAN) Egypt.


Pada malam hari, agenda diisi dengan perkenalan anggota Badan Pengurus Harian (BPH) dan perkenalan sesama diri antar mahasiswa baru, diikuti kegiatan “Aceh Got talent”, yang menampilkan berbagai bakat unik. Kegiatan yang dibagi secara kelompok tersebut berhasil menghangatkan suasana musim dingin dan mengundang gelak tawa penonton yang hadir. Kegiatan ini dikhususkan bagi mahasiswa baru agar saling mengenal dan mempererat ukhuwah antar mereka.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemilihan ketua dan nama angkatan mahasiswa baru Aceh. Dalam kegiatan tersebut, Nafal Afnan terpilih sebagai ketua dan “Saleum” resmi menjadi pilihan terbanyak sebagai nama angkatan mahasiswa baru Aceh kedatangan 2023. Agenda pun ditutup dengan peusijuk dan wejangan singkat dari Tgk. Nafis Akhtiar, Lc., Dpl.

Acara diakhiri dengan menyantap makanan bersama. Para hadirin terlihat sangat antusias mengikuti rentetan agenda acara hingga selesai.[]

Kami segenap kru website kmamesir.org, mengucapkan selamat kepada angkatan Saleum yang telah resmi terbentuk. Semoga istiqamah dan semangat menggapai cita di negeri anbiya ini.

Reporter: Taufiqurrahman Samsul Qamal

Editor: Muhammad Arief Munandar

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top